Bupati Idza Ajak Peserta Gerak Jalan HUT ke-342 Brebes Tanam Pohon Massal

- Jumat, 17 Januari 2020 | 07:18 WIB
Bupati Brebes Idza Priyanti menanam pohon dalam kegiatan gerak jalan di SMK Maarif NU Sindangjaya, Ketanggungan, Brebes, Rabu (15/1/2020).
Bupati Brebes Idza Priyanti menanam pohon dalam kegiatan gerak jalan di SMK Maarif NU Sindangjaya, Ketanggungan, Brebes, Rabu (15/1/2020).

BREBES, AYOTEGAL.COM -- Lomba gerak jalan dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-342 Kabupaten Brebes 2020, berbeda dari biasanya.

Kali ini, peserta diajak menanam pohon sebagai upaya pencegahan banjir dan reboisasi. Kegiatan ini sekaligus menindaklanjuti instruksi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo agar pegunungan di wilayah Brebes kembali ditanami pohon karena banyak yang gundul.

''Sesuai instruksi Pak Gubernur saat berkunjung ke Brebes kemarin (14/1/2020), hari ini kita langsung melakukan tanam pohon,” ajak Bupati Brebes Idza Priyanti belum melepas peserta gerak jalan di SMK Maarif NU Sindangjaya, Ketanggungan, Brebes, Rabu (15/1/2020).

Langkah antisipasi terjadinya banjir, lanjut Idza, antara lain dengan melakukan penanaman pohon di wilayah hulu Kecamatan  Ketanggungan. Maka kegiatan gerak jalan pun dipindahkan lokasinya, yang semula di Kecamatan Bulakamba pindah ke Kecamatan Ketanggungan, di daerah pegunungan.

Bupati mengaku prihatin melihat hutan di perbukitan banyak yang gundul sehingga menyebabkan bencana banjir, seperti yang terjadi di Ketanggungan, Rabu (8/1/2020) lalu.

Untuk itu, seluruh peserta gerak jalan dan warga masyarakat menanam 15 ribu batang bibit pohon.

“Mudah-mudahan, dengan makin banyaknya pohon yang tumbuh besar, air tidak langsung turun ke sungai tetapi diserap ke tanah sehingga tidak terjadi bencana banjir lagi dikemudian hari,” harapnya.

Idza juga berpesan agar masyarakat selalu menjaga alam antara lain dengan menanam pohon.

“Masyarakat harus memanfaatkan lahan, dengan ditanami tumbuhan besar,” ujar Idza.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Terkini

Serentak, Ribuan Santri di Brebes Disuntik Vaksin

Selasa, 7 September 2021 | 22:34 WIB
X