Thoha Faz Luncurkan Matematika Detik Seri 2 di FLS 2019 Kemdikbud

- Senin, 29 Juli 2019 | 09:32 WIB
Ahmad Thoha Faz tampil dalam Festival Literasi Sekolah (FLS) 2019 yang digelar Kemendikbud.
Ahmad Thoha Faz tampil dalam Festival Literasi Sekolah (FLS) 2019 yang digelar Kemendikbud.

JAKARTA, AYOTEGAL.COM--Ahmad Thoha Faz, penemu Matematika Detik asal Tegal, tampil dalam kegiatan bergengsi yang digelar  Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, yakni Festival Literasi Sekolah (FLS) 2019 dengan tema “Multiliterasi: Mengembangkan Kemandirian dan Menumbuhkan Inovasi”. 

Ajang apresiasi tahunan atas capaian Gerakan Literasi Sekolah  itu dibuka oleh Mendikbud Muhadjir Effendy, Jumat (26/7/2019) di Kompleks Kemendikbud. Kegiatan berlangsung hingga 29 Juli 2019 dan dibagi ke dalam empat area di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud, yaitu Panggung Utama, Pojok Literasi, Ruang Serbaguna, dan Ruang Teater.  
Thoha Faz mengisi Panggung Utama, Minggu (28/9/2019) setelah sebelumnya mengisi acara serupa, yaitu Sarasehan Literasi Sekolah (SLS), yang juga diselenggarakan Kemendikbud

Thoha Faz mengisi pelatihan bertema “Berpikir Cepat dalam Numerasi: Matematika Detik”. 

Dalam pelatihan itu sekaligus peluncuran Matematika Detik seri 2 “Level A: Membaca Angka Secepat Membaca Kata” dan aplikasi ToSM (Test of Second Mathematics) yang dapat diunduh gratis di Google Playstore. 

Peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan yang berlangsung pukul 10:00–12:00 WIB.

Pada kesempatan itu, Thoha memaparkan banyak contoh kasus dan data dari riset yang dilakukan di Kabupaten dan Kota Tegal. 

Acara ditutup dengan diskusi dengan moderator Dwi Nurani dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa gagap hitung adalah wabah massal, bukan fenomenal segelintir anak. Oleh karena itu, kami berharap adanya gerakan nasional berantas gagap hitung, sebagai lanjutan gerakan nasional berantas buta aksara beberapa dekade yang lalu," pungkas Thoha Faz.

Editor: Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X