Kepala Dinkes Ungkap Penyebab PPKM Kabupaten Tegal Jadi Level 3

- Selasa, 14 September 2021 | 17:00 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Hendadi Setiaji (dok.Humas Pemkab Tegal)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Hendadi Setiaji (dok.Humas Pemkab Tegal)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Wilayah Kabupaten Tegal menjadi salah daerah yang mengalami penurunan level dari semula level 2 ke level 3 dalam penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal itu sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Bahkan, disebutkan dalam Inmendagri tersebut Kabupaten Tegal termasuk salah satu daerah yang assessment-nya memburuk.

Baca Juga: Ganjar Angkat Bicara Soal Level PPKM di Daerah yang Naik

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal, Hendadi Setiaji menjelaskan, dari indikator level mulai minggu ini ada penambahan yaitu status pencapaian vaksinasi.

''Karena diawal kita sedikit dropping vaksinnya. Sekarang kita genjot, capaian kita 23 persen dan lansia baru 20 persen,''kata Hendadi kepada Ayotegal, Selasa (14 September 2021).

Menurut Hendadi, untuk transmisi komunitas, indikator kasus aktif level 1, jumlah yang dirawat level 1, jumlah yang meninggal level 1.

Untuk kapasitas respon indikator positif rate level 2 (sedang), indikator kontak tracing level 3 (terbatas) dan indikator BOR level 1 ( memadai).

''Sebetulnya dari 6 indikator kita 4 indikator level satu, 1 indikator level 2 dan 1 indikator level 3. Ketentuannya menyebutkan kalau masih ada level terendah walaupun hanya satu indikator tetap ditetapkan indikator terendah,''jelasnya.

Baca Juga: Waspada! Tegal, Slawi dan Brebes Berpotensi Hujan Seharian hingga Sepekan ke Depan

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X