1.052 Buruh Tembakau di Kabupaten Tegal Terima BLT Hasil Cukai, Ini Rinciannya

- Rabu, 29 Desember 2021 | 17:38 WIB
Bupati Tegal Umi Azizah secara simbolis serahkan BLT dari alokasi DBHCHT Pemkab Tegal kepada perwakilan 1.052 buruh tembakau (dok.Humas Pemkab Tegal)
Bupati Tegal Umi Azizah secara simbolis serahkan BLT dari alokasi DBHCHT Pemkab Tegal kepada perwakilan 1.052 buruh tembakau (dok.Humas Pemkab Tegal)

SLAWI, AYOTEGAL.COM – Sebanyak 1.052 buruh tembakau di Kabupaten Tegal baik yang bekerja di perusahaan rokok, pertanian tembakau, dan perdagangan rokok elektrik menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari alokasi dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

Penyaluran BLT sebesar Rp 300 ribu yang diberikan selama tiga bulan ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati Tegal Umi Azizah kepada perwakilan penerima bantuan di Ruang Rapat Bupati Tegal, Senin (27 Desember 2021).

Adapun rincian buruh tembakau penerima BLT terdiri dari 955 buruh pabrik rokok, 94 buruh tani tembakau dan 3 buruh vape atau rokok elektrik.

Baca Juga: Moci Bareng Kadin Kabupaten Tegal Hadirkan 4 Anggota DPR RI Dapil IX Jawa Tengah, Merajut Sinergitas

Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan, BLT DBHCHT merupakan bagian dari program pembinaan lingkungan sosial dalam rangka pemulihan perekonomian daerah.

''Di samping itu, mendukung upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bagi hasil cukai tembakau,” kata Umi.

Umi berharap dengan adanya bantuan tersebut bisa sedikit meringankan beban pengeluaran rumah tangga para buruh tembakau dalam upayanya memulihkan kondisi perekonomian pasca pandemi.

“Saya minta bantuan ini betul-betul bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, bisa dirasakan seluruh anggota keluarga. Jangan sampai ada yang menggunakannya untuk keperluan lain atau kepentingan lainnya yang bukan menjadi prioritas kebutuhan keluarga,” ujarnya.

Kepala Bagian Perekonomian, Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Tegal, Agus Sukoco menjelaskan awalnya Pemkab Tegal mengusulkan total 1.680 buruh tembakau dengan rincian 1.519 buruh pabrik rokok, 152 buruh tani tembakau dan 9 buruh vape atau rokok elektrik.

Baca Juga: 4 Lakon Tampil di Parade Monolog Teater Gemblong dan Gemblong Syndicate Tegal Peduli Semeru

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X