BPN Brebes Targetkan 152.000 Bidang PTSL Rampung September 2022

- Sabtu, 26 Maret 2022 | 18:26 WIB
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes, Juarin Jaka Sulistyo saat melantik Panitia Ajudikasi PTSL di Almayra Convention Hall Grand Dian Hotel Brebes, Jumat 25 Maret 2022 (dok)
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes, Juarin Jaka Sulistyo saat melantik Panitia Ajudikasi PTSL di Almayra Convention Hall Grand Dian Hotel Brebes, Jumat 25 Maret 2022 (dok)

BREBES, AYOTEGAL.COM - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Brebes menargetkan 152 ribu bidang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di tahun 2022.

Sertifikasi tanah gratis bagi warga tersebut terdiri dari 50.000 Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) dan 102.000 Peta Bidang Tanah (PBT) yang ditargetkan rampung pada September 2022.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes, Juarin Jaka Sulistyo saat melantik Panitia Ajudikasi PTSL di Almayra Convention Hall Grand Dian Hotel Brebes, Jumat 25 Maret 2022.

Baca Juga: Ahmad Zuhri Pimpin DPC Aspeknas Kabupaten Tegal Masa Bakti 2022-2027

Menurut Juarin, pihaknya melantik panitia ajudikasi dengan tujuan menciptakan pembangunan zona integritas dengan menumbuhkan komitmen terhadap para pelaksana.

''Panitia bisa melaksanaan tugas dengan penuh tanggung jawab sesuai juklak dan juknis serta pertangungjawaban keuangannya akuntabilitas dan mendapatkan output kinerja sesuai yang ditetapkan,''katanya.

Pengambilan sumpah Panitia Ajudikasi dan Satgas PTSL, lanjutnya, merupakan amanah dari Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap.

Juarin menjelaskan, PTSL akan menyasar ke 42 desa di 13 kecamatan se Kabupaten Brebes yang akan ditangani lima tim dengan target penerbitan SHAT sebanyak 50 ribu bidang dan PBT 102 ribu bidang.

Dalam kesempatan tersebut Juarin juga menyampaikan usulan dari masyarakat terutama peserta PTSL agar Pemkab Brebes membebaskan atau meringankan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Baca Juga: Opening Ceremony Parade Teater Gemblong Syndicate Hatedu 2022 Berlangsung Semarak

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X