300 Penari dan Flashmob Tari Topeng Endel Meriahkan Slawi 7 Jam Jogedan Hari Tari Dunia 2022

- Jumat, 29 April 2022 | 20:45 WIB
Fllashmob Tari Topeng Endel bersama Maestro Suwitri di halaman Gedung Rakyat Slawi (Dwi Ariadi/AyoTegal)
Fllashmob Tari Topeng Endel bersama Maestro Suwitri di halaman Gedung Rakyat Slawi (Dwi Ariadi/AyoTegal)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Sebanyak 300 penari dari Kabupaten Tegal memeriahkan Slawi 7 Jam Jogetan dalam rangka peringatan Hari Tari Dunia 2022 di Gedung Rakyat Slawi, Jumat 29 April 2022.

Mengusung tema Awak Obah Ati Bungah, Slawi 7 Jam Jogedan dibuka secara seremonial oleh Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Wuninggar dengan didampingi Ketua Dewan Kebudayaan Daerah Kabupaten Tegal (DKDKT) Agus Wardana dan Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT) Imam Joend.

Para peserta Slawi 7 Jam Jogedan berasal dari 20 sanggar tari dan grup tari dari berbagai sekolah. Mereka pentas di dua stage, yakni di dalam Gedung Rakyat dan pelataran Kantor DKDKT.

Baca Juga: Skema Pemkab Tegal Hadapi Mudik Lebaran 2022, Sekda: Berikan Pelayanan Pemudik yang Terbaik

Selain penampilan tarian secara maraton oleh 7 penari selama 7 jam, juga terdapat flashmob dengan menghadirkan Maestro Tari Endel Suwitri dan Nyanyi Bersama lagu Tegalan berjudul Galawi yang dibawakan oleh Imam Joend.

Di sela-sela kegiatan, Ketua DKDKT Agus Wardhana mengatakan, momentum Hari Tari Dunia 2022 di Gedung Rakyat merupakan potret greget seniman, khususnya tari di Kabupaten Tegal untuk eksis nguri-uri kebudayaan.

Seremoni pembukaan Slawi 7 Jam Menari memperingati Hari Tari Dunia 2022 di Gedung Rakyat Slawi, Kabupaten Tegal. (Dwi Ariadi/AyoTegal)

''Apalagi Hari Tari Dunia 2022 yang diperingati 29 April 2022 bertepatan dengan musim Mudik Lebaran. Ini sekaligus bisa menjadi hiburan dan mengenalkan tradisi budaya Tegal kepada warga perantau yang sekarang sedang mudik,''katanya.

Didukung dengan semangat para seniman dan juga hasil swadaya, lanjut pria yang akrab dipanggil Awe ini, pementasan Slawi 7 Jam Jogedan berlangsung semarak dan sukses.*** 

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X