Smart City Jadi Perhatian Halal Bihalal Permata Bahari, Ternyata Ada 9.000 Warga Tegal di Bandung

- Jumat, 6 Mei 2022 | 19:53 WIB
Halal Bihalal Permata Bahari di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal, Jumat 6 Mei 2022 (Dwi Ariadi/AyoTegal)
Halal Bihalal Permata Bahari di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal, Jumat 6 Mei 2022 (Dwi Ariadi/AyoTegal)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - ''Sampurasun-rampes'', menjadi kalimat salam pembuka dari Ketua Persaudaraan Masyarakat Tegal (Permata) Bahari, Dr Ajie Giatmiko Sugiyat saat Halal Bihalal di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal, Jumat 6 Mei 2022.

Momen Halal Bihalal Permata Bahari tersebut merupakan kegiatan rutin masyarakat Tegal yang merantau di luar daerah, terutama Bandung, Jawa Barat.

Hadir dalam halal bihalal tersebut, Bupati Tegal Umi Azizah yang diwakili Asisten 1 Sekda, Dadag Darusman, Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi dan segenap anggota Permata Bahari.

Baca Juga: Unik, Tradisi Syawalan Lomba Langen di Batang, Peserta Berlomba Renang di Saluran Irigasi

Dr Ajie Giyatmoko menjelaskan, momenum halal bihalal tersebut dijadikan ajang silaturahmi dan membahas persoalan pembangunan di Kabupaten dan Kota Tegal.

Dikatakan, Permata Bahari dibentuk pada tahun 2017 di Kota Bandung, Jawa Barat dengan anggota sekitar kurang lebih 150 orang.

''Di Bandung itu ada sekitar 9 ribu masyarakat Tegal yang bekerja di sana. Keberadaan warga Tegal ini yang mempengaruhi Kota Bandung menjadi ramai pedagang asli orang Tegal seperti nasi goreng, martabak, nasi uduk, tukang becak dan lain sebagainya,''ujarnya.

Menurut Dr Giat, sebagai warga asli Tegal, dengan keberadaan Permata Bahari ingin memberikan sumbangsih pemikiran atau bantuan sosial maupun konsep untuk membangun Kabupaten Tegal agar lebih maju.

''Anggota Permata Bahari heterogen yang punya beragam keahlian. Ya seperti yang sekarang lagi jadi program unggulan dua daerah kabupaten dan kota Tegal, yakni Smart City. Dengan branding daerah inilah yang kemudian Tegal akan menjadi lebih dikenal,''tandasnya.

Baca Juga: One Way Arus Balik Lebaran 2022, Polres Pemalang Alihkan Kendaraan Arah Semarang lewat Arteri

Selain Smart City, Dr Giat juga memberikan masukan agar pemerintah daerah rajin membangun komunikasi dengan Pemerintah pusat dalam hal pembangunan infrastruktur. ''Dukungan dana yang cukup besar itu ada di Pusat. Maka, kami siap untuk membantu apa yang bisa kami berikan,''tandasnya.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X