Kado Hari Jadi Ke 421 Kabupaten Tegal, Meraih Kebersamaan Demi Harapan Baru

- Selasa, 17 Mei 2022 | 18:16 WIB
Teguh Puji Harsono (dok.pribadi)
Teguh Puji Harsono (dok.pribadi)

AYOTEGAL.COM - Suasana pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya bisa dianggap pulih sepertinya masih menjadi pertimbangan bagi Pemerintah Kabupaten Tegal dalam memperingati Hari Jadi Ke 421 Kabupaten Tegal.

Hal ini terlihat dari perhelatan perayaannya yang masih relatif sederhana dengan memangkas sebagian besar kegiatan yang bersifat hiburan-hiburan bagi masyarakat dan memilih untuk hanya melaksanakan kegiatan yang bersifat seremonial semata.

Masyarakat tentu memaklumi situasi ini apalagi pandemi yang telah berjalan lebih dari dua tahun sangat dirasakan dampaknya baik dalam bidang sosial, kesehatan maupun ekonomi.

Baca Juga: PMI Kabupaten Tegal Bantu Korban Kebakaran di Padasari

Mengusung tema "Kehidupan Baru, Harapan Baru" peringatan Hari Jadi Kabupaten Tegal kali ini dimaksudkan untuk menebarkan semangat kesiapan dan kebangkitan elemen Kabupaten Tegal, baik masyarakat maupun pemerintah untuk menghadapi secara BERSAMA - SAMA kehidupan baru demi harapan baru yang lebih baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Tegal Umi Azizah pada saat peluncuran logo Hari Jadi Ke 421 Kabupaten Tegal dalam acara Refleksi 3 Tahun Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Tegal di Pendapa Amangkurat, Sabtu 8 Januari 2022.

Semangat kebersamaan antara masyarakat dan pemerintah ini selaras dengan pesan yang tersurat dalam surya sengkala Hari Jadi Kabupaten Tegal : "Jalma Muluk Rasa Manunggal"

Jalma : 1 muluk : 0 Rasa : 6 Manunggal : 1 sehingga menjadi 1 – 0 – 6 – 1 yang jika dibalik menjadi angka tahun 1601 yaitu tahun berdirinya Kabupaten Tegal.

Jalma muluk diartikan sebagai cita – cita yang tinggi dalam rangka mencapai kemajuan harus didorong oleh persatuan dan kesatuan bangsa, maksudnya adalah bahwa Kabupaten Tegal berusaha untuk berkembang menjadi daerah yang sangat maju berkat adanya rasa persatuan dan kesatuan antara rakyat dengan aparat Pemerintah Kabupaten Tegal atau dengan kata lain “Manunggaling Kawula lan Gusti” untuk mencapai kemakmuran. (Sumber : penjelasan Perda no 13 tahun 1995 tentang Hari Jadi Kabupaten Tegal)

Baca Juga: Antisipasi Wabah PMK, Kabupaten Tegal Hentikan Pengiriman Ternak Sapi dari Luar Daerah

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X