Kejawen Maneges Tegal Sambut Tahun Baru Jawa, Pentaskan 2 Dalang Wayang Golek Lintas Generasi

- Jumat, 17 Juni 2022 | 18:17 WIB
Poster rangkaian kegiatan Tahun Baru Jawa  (dok)
Poster rangkaian kegiatan Tahun Baru Jawa (dok)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Penghayat Kejawen Maneges Tegal menyiapkan sejumlah kegiatan dalam rangka merayakan Tahun Baru Jawa 2022. Kegiatan perayaan dipusatkan di Pendapa Wiragati, Desa Penusupan, Kecamatan Pengkah, Kabupaten Tegal.

Ada dua dalang yang akan pentas di detik detik pergantian tahun baru Jawa di Pendapa Wiragati, pada Rabu 22 Juni 2022, yakni Ki Taryo Carito dan Ki Aditya Bayu Setiaji.

Menurut Ketua Umum Penghayat Kejawen Maneges Indonesia, KRT Rosa Mulya Aji, peringatan Tahun Baru Jawa 1 Kasa 2933 diawali dengan sejumlah rangkaian kegiatan.

Baca Juga: Dedy Yon Lantik Pengurus Baznas Kota Tegal Periode 2022-2027, Berikut Nama-namanya

''Kami bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga menampilkan dua dalang wayang golek untuk menyambut Tahun Baru Jawa,''kata KRT Rosa Mulya Aji kepada AyoTegal, Jumat 17 Juni 2022.

Menurut KRT Rosa, kedua dalang tersebut akan pentas dalam satu panggung. Kedunya merupakan dalang wayang lintas generasi, dalang muda dan dalang yang sudah berpengalaman alias sepuh.

KRT Rosa menegaskan, pementasan wayang golek ini merupakan wujud melestarikan seni tradisi asli Jawa.

Dalam momentun Tahun Baru Jawa 2022 ini, lanjut KRT Rosa Mulya Aji, terkandung pesan Eling Lan Waspada. ''Mengingatkan juga bahwa orang jawa jangan sampai hilang jawa-nya untuk tetap eling atau ingat sebagai orang Jawa yang tetap waspada,''jelasnya.

Berikut rangkaian acara Peringatan Tahun Baru Jawa 1 kasa 2933:

A. Minggu 19 Juni 2022 Pukul 08.00 sd 12.00 WIB
Kerja Bhakti di Pendapa Wiragati.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X