Baznas Kabupaten Tegal Luncurkan Pendayagunaan Mustahik Produktif, Ini Targetnya

- Jumat, 17 Juni 2022 | 21:17 WIB
Penyerahan bantuan permodalan usaha kepada mustahik oleh Bupati Tegal saat peluncuran program Pemberdayaan Mustahik  (dok.Humas Pemkab Tegal)
Penyerahan bantuan permodalan usaha kepada mustahik oleh Bupati Tegal saat peluncuran program Pemberdayaan Mustahik (dok.Humas Pemkab Tegal)

SLAWI, AYOTEGAL.COM – Guna menumbuhkan ekonomi lokal, Baznas Kabupaten Tegal meluncurkan program pendayagunaan mustahik produktif.

Peluncuran program ini dilakukan oleh Bupati Tegal Umi Azizah di Ruang Rapat Bupati, Rabu 8 Juni 2022.

Umi Azizah menyambut baik dan mengapresiasi program Baznas Kabupaten Tegal di bidang pemberdayaan ekonomi ini.

Baca Juga: Kejawen Maneges Tegal Sambut Tahun Baru Jawa, Pentaskan 2 Dalang Wayang Golek Lintas Generasi

Menurutnya, zakat yang disalurkan dalam bentuk bantuan modal usaha ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan dan menumbuhan potensi ekonomi lokal, selain meningkatkan kapasitas usaha produktif, membangkitkan semangat kewirausahaan, meningkatkan kesejahteraan mustahik, dan memberdayakan komunitas mustahik berbasis kewilayahan.

Lebih jauh, menurut Umi, program berbasis pemberdayaan ekonomi sangat relevan dan sejalan dengan agenda pemulihan ekonomi nasional dengan mendorong partisipasi semua pihak untuk bergerak, berkolaborasi mempercepat peningkatan usaha mikro dan ultra mikro yang terdampak pandemi.

Masih, menurut Umi, melalui implementasi program ini Baznas Kabupaten Tegal dinilai mampu berperan memberikan solusi kepada mustahik yang kehilangan mata pencahariannya melalui kegiatan pelatihan keterampilan usaha dan bantuan permodalan, sehingga kedudukan Baznas menjadi adalah bagian dari instrumen pembangunan daerah.

Tak lupa Umi Azizah menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada muzaki yang telah berdonasi, menitipkan zakat, infak dan sedekahnya melalui Baznas Kabupaten Tegal.

Baca Juga: Jadwal Bioskop Cinepolis Pacific Mall Tegal, Jumat 17 Juni 2022, Tayang Film Atas Nama Surga

“Lewat kelembagaan Baznas, zakat dari masyarakat akan dikelola dengan baik, disalurkan secara efektif dan efisien untuk meningkatkan manfaat zakat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan menanggulangi kemiskinan,” katanya.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X