BPS Gelar Sensus Penduduk 2020 Lanjutan Kabupaten Tegal, Tertunda Setahun karena Pandemi

- Kamis, 23 Juni 2022 | 11:15 WIB
Long Form SP 2020 dan Pencanangan Pembangunan Statistik Sektoral di Kabupaten Tegal (dok.Humas Pemkab Tegal)
Long Form SP 2020 dan Pencanangan Pembangunan Statistik Sektoral di Kabupaten Tegal (dok.Humas Pemkab Tegal)

SLAWI, AYOTEGAL.COM – Sempat tertunda selama setahun akibat pandemi Covid-19, Sensus Penduduk 2020 atau SP 2020 Lanjutan sebagai rangkaian kegiatan SP2020 resmi dimulai.

Sosialisasi Long Form SP 2020 dan Pencanangan Pembangunan Statistik Sektoral di Kabupaten Tegal dibuka oleh Bupati Umi Azizah di Pendopo Amangkurat, Senin 20 Juni 2022.

Menurut Umi Azizah, penggunaan data statistik ini sangat penting artinya dalam proses perumusan, implementasi dan evaluasi kebijakan. “Ini yang disebut sebagai data-driven solutions,” kata Umi.

Baca Juga: Kementerian P3A Bahas Desa Ramah Perempuan dan Anak di Brebes

Menurutnya, data-driven solutions harus menjadi budaya kerja di lingkungan birokrasi, terutama menyangkut hal perumusan kebijakan publik agar implementasi ataupun capaian dan keluarannya sejalan dengan tujuan atau agenda kebijakan.

Selanjutnya, masih menurut Umi, melalui pendekatan ini pihaknya memerlukan dukungan data statistik yang bisa digunakan untuk mengukur dampak pandemi maupun merumuskan agenda pemulihan ekonomi.

“Data dan analisis situasi Kabupaten Tegal sebelum pandemi, selama pandemi, dan pasca pandemi tentu sangat kita butuhkan untuk melakukan reformasi kebijakan, pembaruan kebijakan guna mempercepat upaya pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Meski demikian, penggunaan data statistik BPS ini belumlah mencukupi, sehingga harus ditopang data sektoral yang dihasilkan dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Tegal.

“Maka di sinilah diperlukan kesadaran dan partisipasi aktif OPD, terutama dalam penyediaan data sektoral yang berkualitas,” ujarnya.

Baca Juga: Pengikut Khilafatul Muslimin Ada di Kabupaten Tegal, Umi Minta Pembinaan Dikedepankan

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X