Kabupaten Brebes Persiapkan Diri Menuju Smart City

- Kamis, 23 Juni 2022 | 15:28 WIB
Kabupaten Brebes Persiapkan Diri Menuju Smart City (dok Diskominfotik Brebes)
Kabupaten Brebes Persiapkan Diri Menuju Smart City (dok Diskominfotik Brebes)

BREBES, AYOTEGAL.COM- Menyusul daerah tetangga, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal, Brebes kini sedang mempersiapkan diri menuju smart city.

Mewujudkan smart city, menurut Bupati Brebes Idza Priyanti, membutuhkan waktu yang tidak singkat, serta keseriusan dan usaha gigih dari setiap elemen baik pemerintah maupun masyarakat.

Hal itu disampaikan Idza Priyanti dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Sekda Brebes bidang Administrasi Drs Eko Supriyanto saat membuka Bimbingan Teknis (Bintek) Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Program Unggulan Tahap I Kabupaten Brebes Tahun 2022 di Hotel Riez Palace Tegal, Senin 20 Juni 2022.

Baca Juga: BPS Gelar Sensus Penduduk 2020 Lanjutan Kabupaten Tegal, Tertunda Setahun karena Pandemi

Untuk mendukung sebuah wilayah sebagai kota cerdas, lanjutnya, diperlukan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang mudah dijangkau serta praktis digunakan.

Mengingat smart city sendiri terdiri dari 6 dimensi, yakni smart government, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment.

Dalam upaya ini, Bupati mengapresiasi kepada Direktorat Jendral Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Brebes. Karena telah menyelenggarakan Bintek Penyusunan masterplan smart city.

Bupati menyakini, Bintek mampu mengantar Brebes menjadi smart city sehingga meningkatkan penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan masyarakat. Utamanya, dalam pengolahan sumber daya agar lebih profesional, efektif, efisien serta menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban daerah.

Kepala Bidang Informatika dan Statistik Dinkominfotik Kabupaten Brebes Edwien Martstiawan selaku Ketua Panitia melaporkan, bintek digelar selama 2 hari dan diikuti 77 orang dan 337 peserta. Peserta merupakan Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart City Kabupaten Brebes.

Baca Juga: Kementerian P3A Bahas Desa Ramah Perempuan dan Anak di Brebes

Narasumber antara lain Dwi Elfrida dan Heri Sutrisno dari Kementerian Kominfo serta Tim Ahli lainnya yang akan mendampingi dan membimbing peserta dalam pembuatan Masterplan Smart City dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Brebes 2022.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X