Inovatif, Budidaya Ikan Lele dalam Ember Dikembangkan di Brebes

- Kamis, 28 Juli 2022 | 14:44 WIB
Bupati Brebes Idza Priyanti memberikan bantuan ikan lele dalam ember (dok Diskominfotik Brebes)
Bupati Brebes Idza Priyanti memberikan bantuan ikan lele dalam ember (dok Diskominfotik Brebes)

BREBES, AYOTEGAL.COM - Salah satu inovasi dudidaya ikan lele dalam ember (budikdamber) dikembangkan di Kabupaten Brebes. Bahkan, budidaya ini bisa disinergikan dengan tanaman sayur.

''Selain efisiensi lahan, budikdamber juga hemat listrik dan ramah lingkungan karena tidak memerlukan tambahan pupuk selama pemeliharaannya,” kata Bupati Brebes Idza Priyanti SE MH saat membuka pelatihan budikdamber di Aula Kecamatan Brebes, Minggu 24 Juli 2022.

Yang menarik, budikdamper menghemat lahan pun bisa memelihara ikan yang nantinya bisa menghasilkan Ikan Lele untuk meningkatkan nilai ekonomi keluarga..

Baca Juga: Lanal Tegal Tanam 5.000 Mangrove di Par In Brebes

Idza menandaskan, bantuan paket budidaya ikan dalam ember diharapkan bisa mengurangi beban pengeluaran rumah tangga dan memenuhi kecukupan gizi keluarga khususnya protein hewani.

Dengan bantuan paket budikdamber, juga dapat membantu warga miskin ekstrim dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, khususnya penyediaan lauk ikan dan sayuran kangkung.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Brebes Zuhdan Fanani menjelaskan, dengan bantuan tersebut, ditargetkan produksi ikan Lele dari penerima manfaat sebanyak 4.000 kg dengan nilai produksi Rp 80 juta.

Kabupaten Brebes, lanjjut Zuhdan, memiliki potensi perikanan air tawar berupa lahan kolam seluas 17,89 ha yang tersebar di 5 kecamatan pantura.
Dengan produksi kolam tahun 2021 sebesar 3.289,70 ton dengan nilai produksi Rp 64.506.694.000,-. Potensi perikanan air tawar yang terbesar adalah budidaya Lele, dengan produksi tahun 2021 sebesar 2.488.133 kg dengan nilai produksi Rp 44 miliar.

Untuk penanganan kemiskinan ekstrem, kata Zuhdan, Pemkab Brebes melalui Dinas Perikanan menggelar pelatihan budidaya ikan dalam ember dan penyerahan paket budikdamber untuk 400 warga miskin ekstrim dari 5 kecamatan pantura. Masing-masing kecamatan diwakili 80 orang warga miskin ekstrem.

Baca Juga: Pemkab Tegal Pertahankan Predikat Kabupaten Layak Anak Kategori Madya

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pindah Kantor Baru, Bupati Brebes Tasyakuran

Selasa, 30 Agustus 2022 | 17:32 WIB
X