Ruwat Bumi Guci 2022, Bupati Tegal Inginkan Masuk Listing Budaya Nasional dan Hastag Pesona Indonesia

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 18:24 WIB
Pemandian Kambing Kendit di Pancuran 13 dalam Ruwat Bumi Guci 2022 oleh Bupati Tegal Umi Azizah, Selasa 2 Agustus 2022 (Dswi Ariadi/AyoTegal)
Pemandian Kambing Kendit di Pancuran 13 dalam Ruwat Bumi Guci 2022 oleh Bupati Tegal Umi Azizah, Selasa 2 Agustus 2022 (Dswi Ariadi/AyoTegal)

BUMIJAWA, AYOTEGAL.COM - Tradisi Ruwat Bumi Guci 2022 sukses digelar dan berlangsung meriah di area Objek Wisata Guci, Kabupaten Tegal, Selasa 2 Agustus 2022.

Masyarakat Guci dan wisatawan tumpah ruah menyaksikan prosesi acara Ruwat Bumi Guci mulai dari arak-arakan gunungan hasil bumi, upacara ruwatan, hingga pemandian kambing kendit di pancuran 13.

Dengan mengenakan pakaian adat jawa serta mengusung gunungan hasil bumi, peserta Ruwat Bumi Guci memadati pintu masuk objek wisata Guci yang terpusat di lapangan depan Kantor UPTD Guci.

Baca Juga: Pimred Kabar Tegal Dilaporkan Hilang, Kontak Terakhir dengan Keluarganya Berada di Batang

Hadir dalam tradisi Ruwat Bumi Guci 2022, Bupati Tegal Umi Azizah yang sekaligus memimpin upacara hingga memandikan kambing kendit.

Iring-iringan musik gendingan lagu Jawa dan tari Guci memeriahkan acara Ruwat Bumi Guci.

Saat memberikan sambutan, Umi Azizah mengatakan, Ruwat Bumi Guci merupakan wujud penghormatan kepada para leluhur, para pendahulu yang telah mewariskan kekayaan alam kepada anak-cucunya berupa hamparan lahan pertanian yang tetap subur, udara dan air yang tidak tercemar, dan hutan yang terjaga kelestariannya.

''Sehingga kita sebagai generasi penerusnya pun dapat melanjutkan dan mengolah warisan ini untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dengan tetap memperhatikan keseimbangan alam,''katanya.

Menurut Umi Azizah, hasil bumi yang memelimpah, kunjungan wisatawan Guci yang terus meningkat adalah berkah dari ikhtiar masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan kebersihan lingkungan.

''Tidak kalah pentingnya keramahan kita pada alam juga pengunjung obyek wisata Guci. Untuk itu, saya sangat mendukung acara ini, tradisi baik ini, kekayaan bangsa ini yang harus terus dilestarikan,''tandas Umi Azizah.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X