Pencanangan Gebyar Posyandu 2022, Wakil Bupati Tegal Sebut 2 Data Stunting Berbeda

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:16 WIB
Bupati Tegal Umi Azizah resmi mencanangkan Gebyar Posyandu untuk penanganan stunting di Balai Desa Harjosari Kidul, Kecamatan Adiwerna, Rabu 3 Juli 2022 (dok)
Bupati Tegal Umi Azizah resmi mencanangkan Gebyar Posyandu untuk penanganan stunting di Balai Desa Harjosari Kidul, Kecamatan Adiwerna, Rabu 3 Juli 2022 (dok)

SLAWI, AYOTEGAL.COM – Bupati Tegal Umi Azizah resmi mencanangkan Gebyar Posyandu untuk penanganan stunting di Balai Desa Harjosari Kidul, Kecamatan Adiwerna, Rabu 3 Juli 2022.

Pencanangan Gebyar Posyandu juga dihadiri Wakil Bupati Sabilillah Ardie yang juga sekaligus Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), Dandim 0712 Tegal Letkol Inf Charlie Lorando Sondakh, dan Forkopimda Kabupaten Tegal.

Dalam kesempatan ini, Sabilillah Ardie mengungkapkan, terdapat dua data stunting yang berbeda, Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) yang menyebutkan angka stunting di Kabupaten Tegal mencapai 28 persen.

Baca Juga: Kapolres Tegal Ajak Perguruan Pencak Silat Jaga Kamtibmas, Teken Surat Pernyataan

Sementara data Elektonik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (E-PPGB) diperoleh angka 12 persen.

''Sehingga perlu adanya validasi data stunting di Kabupaten agar langkah kedepan lebih tepat. Tidak mungkin kita bekerja dengan dua data,''ungkap Ardie.

Untuk kegiatan Gebyar Posyandu 2022 selama satu bulan kedepan, lanjut Ardie, pemberian vitamin A, obat cacing, imunisasi yang tertinggal karena pandemic serta melakukan validasi stunting degan alat-alat yang standar.

Menurut Ardie, kegiatan Gebyar Posyandu periode Agustus 2022 bisa dijadikan media sensus khusus stunting sehingga metode dan cara pengukurannya harus akurat.

Dari kegiatan ini Pemkab Tegal akan memperbaharui data lokus stunting.

“Kita akan memperbarui data lokus stunting yang sebelumnya sudah kita tetapkan di trimester pertama kemarin dan menjadi dasar kegiatan intervensi stunting tahun depan,”kata Bupati Umi Azizah.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Turunkan Angka Stunting, Pemkab Tegal Gandeng TNI

Rabu, 3 Agustus 2022 | 21:36 WIB
X