Diluncurkan, Buku Sang Pengawas Pemilu Kabupaten Tegal 2004-2019, Bawaslu Sajikan Profil Sejarah

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 21:50 WIB
Peluncuran Buku Sang Pengawas Pemilu Kabupaten Tegal 2004-2019 (dok)
Peluncuran Buku Sang Pengawas Pemilu Kabupaten Tegal 2004-2019 (dok)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Bawaslu Kabupaten Tegal meluncurkan buku berjudul ''Sang Pengawas Pemilu Kabupaten Tegal 2004-2019'' di Aula Kantor Bawaslu, Kamis 4 Agustus 2022.

Peluncuran buku yang sebagian besar berisi tentang profil dan sejarah lembaga pengawas Pemilu tersebut sekaligus diisi dengan bedah buku dengan menghadirkan, Heru Cahyono, Pimpinan Bawaslu Jawa Tengah dan Ketua PWI Kabupaten Tegal, Dwi Ariadi.

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal, Ikbal Faizal, tujuan pembuatan buku tersebut selain menjadi program Bawaslu Provinsi Jawa Tengah juga sekaligus menambah literasi tentang profil dan kelembagaan Bawaslu dari masa 2004 hingga tahun 2019.

Baca Juga: Siap Berlaga di Liga 3, Slawi United Masih Cari Pelatih

Dengan membentuk tim penyusun buku yang terdiri Komisioner Bawaslu Kabupaten Tegal; Harpendi Dwi Pratiwi, Buchori Muslim, Sri Anjarwati dan Istibsaroh akhirnya buku setebal 148 halaman bisa terwujud.

Ikbal sendiri dalam penyusunan buku sekaligus menjadi editor dan penanggungjawab. ''Metodologi pembuatan buku tersebut menggunakan riset dan wawancara langsung/wawancara tidak langsung serta melalui pengawas yang menduduki jabatan tiap periode,''katanya.

Menurut Ikbal, penyusunan buku tersebut merupakan bagian dari ikhtiar dan mewujudkan karya literasi yang memberi manfaat kepada masyarakat. ''Lebih tepatnya kami berupaya untuk mencatat sejarah profil pengawas Pemilu beserta hasil kegiatan pengawasan yang dilakukan,''jelasnya.

Ikbal menyadari tidak mudah untuk penggalian data personal maupun data outentik karena beberapa mantan pengurus kesulitan untuk komunikasinya.

Baca Juga: Pelabuhan Tegal Over Kapasitas, Dedy Yon Usulkan Perluasan Kawasan 60 Hektare

''Alhamdulillah sebagian kami bisa melakukan wawancara langsung. Kami menyadari dalam sistematika penulisan buku masih jauh dari sempurna,''tandasnya.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Turunkan Angka Stunting, Pemkab Tegal Gandeng TNI

Rabu, 3 Agustus 2022 | 21:36 WIB
X