Lahan Tidur Eks Lapangan Terbang TNI AD di Brebes Ditanami Jagung

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:33 WIB
Penanaman jagung di eks Lapangan Terbang TNI AD di Brebes (dok Diskominfotik Brebes)
Penanaman jagung di eks Lapangan Terbang TNI AD di Brebes (dok Diskominfotik Brebes)

BREBES, AYOTEGAL.COM - Lahan tidur eks lapangan terbang TNI AD di Desa Songgom Lor, Kecamatan Songgom, Brebes kini disulap menjadi area penanaman jagung.

Hal itu ditandai dengan penanaman jagung di lahan seluas 2 hektare oleh Bupati Brebes Idza Priyanti dan Dandim 0713 Brebes Letkol Infanteri Tentrem Basuki, Rabu 3 Agustus 2022.

“Komoditas Padi dan Jagung merupakan komoditas strategis dan menjadi prioritas nasional dalam RPJMN tahun 2020-2024, dengan indikator prioritas nasional adalah ketersediaan beras serta produksi jagung,” kata Bupati Brebes Idza Priyanti.

Baca Juga: PGRI Kota Tegal Bangun Gedung Baru, Sumber Dana dari Iuran Guru

Di Kabupaten Brebes, menurut Idza, memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan komoditas jagung. Penggunaan lahan sawah untuk menanam JagungJmencapai 62.703 hektar atau sekitar 37,7 % dari total wilayah Kabupaten Brebes.

Meski sawah menjadi lahan yang potensial untuk pengembangan pertanaman jagung, tetapi tanam Jagung juga bisa dikembangkan di sela-sela tanaman Perhutani. Juga di lahan tadah hujan maupun lahan tidur (lahan yang belum dimanfaatkan untuk pertanian) dengan memperhatikan ketersediaan air.

Karena itu, bertepatan dengan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Brebes, Pemkab bersama TNI bersinergi menanam jagung. Dengan melibatkan masyarakat dan kelompok tani menanam jagung di lahan milik TNI seluas sekitar 11 hektar di Desa Songgom Lor, Kecamatan Songgom.

Dandim 0713/Brebes Letkol Infanteri Tentrem Basuki menyampaikan, bahwa Kodim Brebes memanfaatkan 2 hektar dari 11,6 hektar lahan tidur eks lapangan terbang TNI-AD Songgom.

“Pengolahan lahan juga melibatkan kelompok tani (Poktan) Songgom. Poktan bersama Babinsa akan merawat tanaman Songgom dengan bimbingan dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Songgom,” terang Tentrem.

Baca Juga: 51 Kades di Kabupaten Tegal Sepakat Berdayakan Karang Taruna

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X