Miris, Kekerasan Seksual di Kabupaten Tegal Tertinggi No 3 di Jawa Tengah, Ibarat Gunung Es

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:06 WIB
PKBI  Kabupaten Tegal menggelar acara Seminar Jejaring dalam Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Gedung Dadali Pemkab Tegal, Jumat 5 Agustus 2022. (dok)
PKBI Kabupaten Tegal menggelar acara Seminar Jejaring dalam Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Gedung Dadali Pemkab Tegal, Jumat 5 Agustus 2022. (dok)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kabupaten Tegal menggelar acara Seminar Jejaring dalam Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Gedung Dadali Pemkab Tegal, Jumat 5 Agustus 2022.

Dalam seminar yang dibuka oleh Sekda Kabupaten Tegal dr Widodo Joko Mulyono tersebut terungkap, kasus kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak ibarat gunung es.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Serta Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (P3A-P2KB) Kabupaten Tegal mengungkapkan, jika dirata-rata kasus kekerasan seksual terjadi setiap hari.

Baca Juga: Maestro Orientaring Yusni Hadir di Balapulang Tegal, Perkenalkan Olahraga Buat Anak

''Di Kabupaten Tegal kekerasan seksual perempuan dan anak menjadi kasus yang serius dan meningkat. Apalagi dua tahun terakhir selama pandemi Covid-18,''kata Teguh Mulyadi.

Dikatakan oleh Teguh Mulyadi, Kabupaten Tegal pernah berjuang dalam kasus kekerasan seksual terhadap penderita disabilitas.

''Pendampingan terhadap korban 13 anak untuk melakukan visum, spektrum tempat pelaku kekerasan seksual di Kabupaten Tegal pun berbagai macam,''tandasnya.

Terkat dengan data sekarang, kasus kekerasan seksual terjadi 27 kasus pada tahun 2022.

''Kasus kekerasan seksual menjadi kasus gunung es yang enggan disentuh setiap orang. Hubungan korban dengan pelaku sangat dekat tertinggi yaitu kasus dari orang tua dan teman,''ujar Teguh Mulyadi.

Menurut Teguh, kebanyakan korban enggan melaporkan dan merasa dilecehkan. ''Karena itu, kami mengajak masyarakat agar bias mengetahui bagaimana apabila lingkungan sekitar terdapat kasus kekerasan, sehingga mengetahui alur dan layanan untuk melaporkan, mengetahui tentang kasus dan bagaimana penanganannya.''

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Turunkan Angka Stunting, Pemkab Tegal Gandeng TNI

Rabu, 3 Agustus 2022 | 21:36 WIB
X