250 Napi Lapas Slawi Dapat Remisi di HUT RI ke 77, Tiga Bebas

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 18:29 WIB
pemberian remisi 250 napi tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie di Lapas IIB Slawi, Rabu 17 Agustus 2022. (dok Humas Pemkab Tegal)
pemberian remisi 250 napi tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie di Lapas IIB Slawi, Rabu 17 Agustus 2022. (dok Humas Pemkab Tegal)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Bertepatan dengan HUT RI ke 77, sebanyak 250 narapidana (napi) Lapas Kelas IIB Slawi mendapat remisi dari Kemenkumham.

Acara pemberian remisi 250 napi tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie di Lapas IIB Slawi, Rabu 17 Agustus 2022.

Kepala Lapas Kelas IIB Slawi Winarso berharap, stigmatisasi negatif yang melekat pada mantan narapidana bisa dikikis habis seiring dengan telah dijalaninya program pembinaan.

Baca Juga: Kado HUT RI ke 77, Pemkab Tegal Launching Layanan Darurat 112 Berstandar Internasional

“Semoga ke depannya para warga binaan yang telah mendapatkan bimbingan ini bisa menjadi pribadi-pribadi lebih baik, mandiri dan bertakwa,” harapnya.

Disampaikan, jumlah warga binaan di Lapas Kelas IIB Slawi pada 17 Agustus 2022 ini ada 334 orang, di mana 28 orang di antaranya adalah tahanan dan 306 merupakan narapidana.

Dari jumlah tersebut, 247 orang narapidana berhasil mendapatkan remisi umum satu (RU I) berupa pengurangan masa hukuman yang bervariasi.

Untuk pengurangan masa hukuman pada RU I selama satu bulan diberikan kepada 39 orang, dua bulan diberikan kepada 57 orang, tiga bulan diberikan kepada 93 orang, empat bulan diberikan kepada 31 orang, lima bulan diberikan kepada 14 orang dan enam bulan diberikan kepada 13 orang.

Sedangkan untuk remisi umum dua (RU II) diberikan kepada satu orang warga binaan dengan pengurangan masa hukuman dua bulan dan dua orang warga binaan dengan pengurangan masa hukuman tiga bulan. Dari pemberian RU II ini, ketiganya dinyatakan bebas

Dalam kesempatan itu, Sabilillah Ardie yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X