Puting Beliung di Pagerbarang Tegal Porak Porandakan 159 Bangunan, Pasar Desa Rata dengan Tanah

- Rabu, 14 September 2022 | 19:42 WIB
Konsisi Pasar Pagerbarang yang rata dengan tanah terkena angin puting beliung (dok)
Konsisi Pasar Pagerbarang yang rata dengan tanah terkena angin puting beliung (dok)

PAGERBARANG, AYOTEGAL.COM - Angin puting beliung yang menerjang Desa Pagerbarang, Kabupaten Tegal yang terjadi pada Selasa 14 September 2022 memporak-porandakan ratusan bangunan.

Berdasarkan data, tercatat ada 159 bangunan berupah rumah warga, sekolah yakni SDN 1 Pagerbarang dan SMA N 1 Pegarbarang, minimarket dan pasar desa.

Hal itu disampaikan Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal Sunarto usai Tim Relawan PMI bersama BPBD dan tim gabungan melakukan pendataan bangunan yang rusak terkena angin puting beliung.

Baca Juga: Termasuk PMN Rp2,48 T, DPR Restui Rights Issue BTN Rp4,13 T

Sementara itu, Kapolres Tegal, AKBP Arie Prasetya Syafa’at melalui Kapolsek Pagerbarang, AKP Novely Haryanto mengungapkan, angin puting beliung mengakibatkan puluhan pohon tumbang serta genteng yang beterbangan.

Usai hujan reda, lanjut AKP Novely, pihaknya melakukan patroli dibebeapa tempat yang mendapati rumah warga, bangunan pasar, minimarket mengalami kerusakan.

Novel menjelaskan, akibat dari bencana angin puting beling tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerugian material ditafsir mencapai Rp300 juta rupiah. Para personel telah membantu melakukan evakuasi dan membantu warga pada bangunan dan pohon yang telah tumbang.

Kepala Desa Pagerbarang, Komariyanto menjelaskan, pasar desa yang baru dalam tahap proses pembangunan roboh terkena angin puting beliung.

''Ya, bangunan pasar yang terkena angin baru proses finishing, sehingga belum ditempati. Atap bangunan ambruk karena penyangganya tidak kuat menahan terjangan angin, sehingga roboh,''kata Komar ketika dihubungi AyoTegal.

Baca Juga: Resmikan Gedung Baru, bank bjb Cabang Tegal Sepakati Kerja Sama dan Salurkan Bantuan

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X