Seniman Brebes Pentaskan Jejak Jajak Bumiayu, Potret Manusia Purba Buton

- Kamis, 15 September 2022 | 22:20 WIB
pertunjukan Duta Seni Virtual 2022 di Pendopo Bumiayu Brebes, Senin 12 September 2022. (dok Diskominfotik Brebes)
pertunjukan Duta Seni Virtual 2022 di Pendopo Bumiayu Brebes, Senin 12 September 2022. (dok Diskominfotik Brebes)

BREBES, AYOTEGAL.COM - Tak kurang dari 70 seniman dari Brebes bagian selatan menyuguhkan pergelaran seni secara virtual bertajuk Jejak Jajak Bumiayu.

Pergelaraan seni tersebut mengungkapkan, keberadaan manusia purba yang berhasil ditemukan di Bumiayu Tonjong (Buton).

“Potensi seni budaya Brebes mampu memberikan dampak simultan bagi dunia ekonomi kreatif sekaligus industri pariwisata, untuk itu perlu dilestarikan dan dikembangkan,” kata Bupati Brebes Idza Priyanti saat membuka pertunjukan Duta Seni Virtual 2022 di Pendopo Bumiayu Brebes, Senin 12 September 2022.

Baca Juga: Bhabinkamtibmas di Pemalang Kawal Ketat Penyaluran BLT BBM agar Tepat Sasaran

Menurut Idza, kegiatan ini mengapresiasi potensi seni dan budaya di Kabupaten Brebes sebagai upaya mempromosikan brand keunggulan seni dan budaya.

Selain itu, lanjut Idza, juga menjadi wadah silaturahim sekaligus ruang komunikasi kultural antara pemerintah Kabupaten Brebes dengan warga Kabupaten Brebes di wilayah 6 kecamatan yakni Kecamatan Tonjong, Bumiayu, Sirampog, Bantarkawung, Salem dan Paguyangan.

Dijelaskan Idza, Kabupaten Brebes sebagai bagian dari wilayah di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat dianugerahi potensi budaya, tradisi dan seni yang unik dan mengagumkan, salah satunya pagelaran bertema Jejak Jajak Bumiayu.

Kreasi pekerja seni, komunitas dan sanggar seni di wilayah Brebes Selatan, mengungkapkan perjalanan waktu melalui format pergelaran tentang keunikan kebudayaan serta sejak peradaban yang tertorehkan dalam hasil tinggalan sejarah, tradisi, budaya, seni dan kreativitas lainnya.

“Pentas Jejak Jajak Bumiayu merupakan ruang fasilitasi untuk ekspresi publik seniman dan komunitas seni sekaligus menjadi perwujudan panggung diplomasi kebudayaan bagi Kabupaten Brebes,” tandas Idza.

Baca Juga: Bupati Tegal Siapkan Rp 5,35 Miliar Bansos Kompensasi Kenaikan Harga BBM, Ini Sasarannya

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pindah Kantor Baru, Bupati Brebes Tasyakuran

Selasa, 30 Agustus 2022 | 17:32 WIB
X