World Cleanup Day 2022, Bupati Tegal Resmikan Taman Edukasi Sampah di Ujungrusi

- Selasa, 20 September 2022 | 16:34 WIB
Bupati Tegal Umi Azizah meresmikan Taman Edukasi Sampah Terpadu (Testa) Ujungrusi (dok.HUmas Pemkab Tegal)
Bupati Tegal Umi Azizah meresmikan Taman Edukasi Sampah Terpadu (Testa) Ujungrusi (dok.HUmas Pemkab Tegal)

ADIWERNA, AYOTEGAL.COM – Bupati Tegal Umi Azizah meresmikan Taman Edukasi Sampah Terpadu (Testa) Ujungrusi, Kecamatan Adiwerna, bertepatan dengan World Cleanup Day atau Hari Bersih Sampah Sedunia, Sabtu 17 September 2022.

Testa sebagai workshop pengelolaan aneka sampah organik dan anorganik ini dikelola oleh komunitas pegiat Bank Sampah Bestari.

Testa tersebut dibangun dari bantuan keuangan Pemkab Tegal kepada Pemdes Ujungrusi melalui program Desa Merdeka Sampah.

Baca Juga: Hadapi Cuaca Ekstrem, 600 Personel TNI dan Polri di Tegal Gelar Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana

Menurut Umi Azizah, keberlangsungan fungsi Testa adalah tantangan sesungguhnya dari pengelolaan sampah berbasis komunitas tersebut dengan pendampingan pembinaan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan dukungan pemerintah desa.

“Membangun dan meresmikan itu mudah, yang sulit justru menjaga kesinambungan fungsinya, manfaatannya mengurangi sampah. Apalagi ini letaknya di luar permukiman,''katanya.

''Jadi merawat semangat komunitas pegiat lingkungan dan bank sampah agar konsisten menjalankan perannya harus dilakukan pak Kades juga DLH,”tambah Umi.

Umi Azizah menyampaikan, jika melalui aksi clean-up dan pungut sampah ini setidaknya warga akan terus bergerak, berjuang menumbuhkan kepedulian, menciptakan perubahan perilaku masyarakat dalam mengelola sampah.

Selain mewujudkan visi Indonesia Bersih Sampah tahun 2025, aksi ini juga diharapkan mampu mendukung visi Kabupaten Tegal Merdeka Sampah tahun 2024.

“Saya berharap, melalui aksi ini akan bangkit kesadaran kolektif akan pentingnya mengelola sampah hingga tumbuh generasi-generasi yang sehat,''tandasnya.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X