Patut Dicontoh, Komunitas Pegiat Sampah Bestari Ujungrusi Tegal Raih Prestasi Tingkat Nasional

- Selasa, 20 September 2022 | 17:13 WIB
Bupati Tegal Umi Azizah bersama komunitas pegiat sampah Bestari Desa Ujungrusi, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal (dok.Humas Pemkab Tegal)
Bupati Tegal Umi Azizah bersama komunitas pegiat sampah Bestari Desa Ujungrusi, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal (dok.Humas Pemkab Tegal)

ADIWERNA, AYOTEGAL.COM - Keberadaan Taman Edukasi Sampah Terpadu (Testa) Desa Ujungrusi, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal yang telah diresmikan oleh Bupati Tegal Umi Azizah tak bisa lepas dari peran Komunitas Pegiat Sampah Bestari.

Umi Azizah meresmikan Testa Ujungrusi bertepatan dengan World Cleanup Day 2022 pada Sabtu 17 September 2022.

Direktur Bank Sampah Bestari, Anni Mutafiah mengatakan, komunitas pegiat sampah Bestari mengelola bank sampah ini sudah berjalan selama enam tahun.

Baca Juga: World Cleanup Day 2022, Bupati Tegal Resmikan Taman Edukasi Sampah di Ujungrusi

Dari perjalanannya mengelola sampah tersebut, pihaknya berhasil meraih penghargaan juara kedua Lomba Bank Sampah tingkat nasional yang diselenggarakan PT Astra Internasional Tbk.

Menurut Anni yang lulusan magister kesehatan masyarakat, pihaknya mengapresiasi jajaran Pemkab Tegal dan Pemdes Ujungrusi yang memiliki komitmen kuat menuntaskan permasalahan sampah berbasis pemberdayaan masyarakat melalui program Desa Merdeka Sampah.

Anni menegaskan, dengan adanya Testa tersebut pihaknya dapat terus mengembangkan kegiatan bank sampahnya yang kini udah memiliki 10 unit dan tersebar di Desa Ujungrusi.

“Alhamdulillah, dari edukasi penyadaran dan pendekatan pemberdayaan masyarakat yang kami lakukan, Bank Sampah Bestari sudah berhasil mengembangkan 10 unit layanan di lingkungan RT dan RW Ujungrusi ini. Sekarang, dengan adanya Testa kami bisa mengajak siapa saja untuk belajar mengelola sampah dengan benar,” imbuh Anni.

Baca Juga: Hadapi Cuaca Ekstrem, 600 Personel TNI dan Polri di Tegal Gelar Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana

Bersamaan dengan peresmian Testa Ujungrusi sekaligus penyerahan bantuan corporate social responsibility (CSR) dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM) kepada Bank Sampah Bestari berupa peralatan pengolahan sampah organik dan anorganik serta alat pembakar sampah plastik yang tidak menghasilkan asap.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X