Bupati Tegal Ajak Karang Taruna Kawal Desa Merdeka Sampah, Sampaikan Pesan Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe

- Selasa, 27 September 2022 | 21:37 WIB
Bupati Tegal Umi Azizah saat menghadiri acara puncak Bulan Bakti Karang Taruna Kabupaten Tegal 2022 di Alun-Alun Hanggawana Slawi, Minggu 25 September 2022 (dok Humas Pemkab Tegal)
Bupati Tegal Umi Azizah saat menghadiri acara puncak Bulan Bakti Karang Taruna Kabupaten Tegal 2022 di Alun-Alun Hanggawana Slawi, Minggu 25 September 2022 (dok Humas Pemkab Tegal)

SLAWI, AYOTEGAL.COM – Bupati Tegal Umi Azizah meminta pemuda Karang Taruna ikut mengawal pelaksanaan program Desa Merdeka Sampah.

Pasalnya, penanganan sampah bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi seluruh eleman masyarakat, termasuk pemuda.

Permintaan tersebut disampaikan Umi Azizah saat menghadiri acara puncak Bulan Bakti Karang Taruna Kabupaten Tegal 2022 di Alun-Alun Hanggawana Slawi, Minggu 25 September 2022 malam.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Persekat Tegal vs PSCS Cilacap Liga 2 2022 di GOR Trisanja, Bermain Imbang Skor 0-0

''Tidak ada satu pun penduduk yang tidak memproduksi sampah, tinggal bagaimana menumbuhkan kesadaran, kepedulian dan tanggung jawab untuk membuang, menempatkan dan memilah sampahnya dengan benar,''kata Umi Azizah.

Disampaikan oleh Umi Azizah, Pemuda Karang Taruna harus berada di garda terdepan mengkampanyekan gerakan Desa Merdeka Sampah.

''Menjadi agen perubahan perilaku hidup bersih dan sehat tanpa sampah, selain ikut terjun langsung dalam pengelolaan sampah baik melalui kegiatan bank sampah, edukasi persampahan hingga mendorong pemerintah desanya untuk menciptakan aturan bersama terkait pengelolaan sampahnya secara mandiri di tingkat desa,''katanya.

''Saya titip ini dan mudah-mudahan di momen yang sama tahun depan saya bisa berikan penghargaan kepada Karang Taruna desa terbaik yang sudah berkontribusi nyata menanggulangi sampah di wilayahnya,”tambah Umi.

Baca Juga: Dimas Reza Jabat Ketua PMII Komisariat Bakti Negara Tegal, Terpilih Aklamasi

Di acara peringatan ulang tahun ke-62 Karang Taruna ini Umi juga menyampaikan jika gerakan pemuda Karang Taruna adalah sepi ing pamrih, rame ing gawe.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kompak, 3 Dalang Tegal Kolaborasi Gempur Rokok Ilegal

Minggu, 20 November 2022 | 21:07 WIB
X