Dianggarkan Rp 40,4 M, Bupati Tegal Apresiasi Swadaya Penerima Bantuan RLTH

- Kamis, 29 September 2022 | 21:37 WIB
Bupati Tegal Umi Azizah didampingi kepala OPD, Kades Karangmalang dan unsur Forkopimcam Kedungbanteng meninjau salah satu hasil kegiatan rehab RTLH dari program BSPS di Desa Karangmalang, (dok Humas Pemkab Tegal)
Bupati Tegal Umi Azizah didampingi kepala OPD, Kades Karangmalang dan unsur Forkopimcam Kedungbanteng meninjau salah satu hasil kegiatan rehab RTLH dari program BSPS di Desa Karangmalang, (dok Humas Pemkab Tegal)

KEDUNGBANTENG, AYOTEGAL.COM - Bupati Tegal Umi Azizah mengapresiasi kesungguhan warga penerima program rehab rumah tidak layak huni (RTLH) mengalokasikan dana swadaya.

Diantaranya adalah penerima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hal itu disampaikan Umi Azizah saat melakukan peninjauan lapangan di Desa Karangmalang, Kecamatan Kedungbanteng, Rabu 28 September 2022.

Baca Juga: Slawi United Pesta Gol di GOR Trisanja, Taklukkan Perinka FC Kota Tegal Skor 6-0 di Liga 3 Jateng 2022

Umi Azizah mengatakan, meski masuk kriteria masyarakat berpenghasilan rendah sebagai syarat penerima program rehab RTLH, namun belum tentu mereka tidak mampu mengupayakan dana swadaya.

Menurutnya, kesadaran warga penerima manfaat untuk memiliki rumah tinggal yang sehat dan layak huni terpicu oleh dana stimulan yang diberikan, seperti BSPS senilai Rp 20 juta.

''Dari sini, banyak yang rela menggunakan uang tabungannya untuk menambah material dan ongkos tukang. Ada pula yang mendapat bantuan dana ataupun material dari tetangga sekitar, saudara ataupun keluarga, termasuk meminjam uang di bank atau pihak lain,''katanya

“Yang swadayanya pinjam uang di bank, pinjam ke orang, karena rumahnya sekarang sudah bagus, sudah sehat, kerjanya jadi tambah semangat, tidak gampang sakit. Mudah-mudahan produktivitas usahanya juga ikut meningkat. Jadi bisa bayar cicilan,”lanjut Umi.

Adapun tinjauannya kali ini adalah memastikan penerima manfaat program tepat sasaran sesuai kriteria dan kondisi sosial ekonominya. Hal ini terkait dengan pertanggungjawaban dan usulan pihaknya kepada kementerian terkait.

Baca Juga: Bupati Brebes Kembangkan Sepak Bola Tarkaman Lintas Jateng - Jabar, Ini Targetnya

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kompak, 3 Dalang Tegal Kolaborasi Gempur Rokok Ilegal

Minggu, 20 November 2022 | 21:07 WIB
X