Gelar Nobar Film G30S PKI, PMT : Tegal Catatkan Sejarah Pemberontakan Kutil dan Penangkapan Letkol Untung

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:33 WIB
Paser Mania Tegal (PMT) menggelar Nonton Bareng atau Nobar Film G30S PKI (dok)
Paser Mania Tegal (PMT) menggelar Nonton Bareng atau Nobar Film G30S PKI (dok)

SLAWI, AYOTEGAL.COM – Paser Mania Tegal (PMT) menggelar Nonton Bareng atau Nobar Film G30S PKI untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati tiap 1 Oktober.

Kegiatan PMI Nobar Film G30S PKI berlangsung di lapangan Perumahan Sapphire Residence Tegal, Jl. Siklepuh Raya, Tegal, Jum’at 30 September 2022 malam.

Nobar film G30S PKI tersebut sebagai upaya menyadarkan anggota PMT bahwa sejarah pengkhianatan PKI jangan sampai terulang kembali.

Baca Juga: Hadapi Bekasi City di Liga 2 2022 Besok, 2 Pemain Absen, Pelatih Persekat Caretaker Agus: Ada Celah Menang

“Kita tidak boleh sampai melupakan sejarah. Kita nobar sambil mengenal bahwa bahwa hari ini adalah hari kelam bagi bangsa Indonesia dimana pengkhianatan PKI tidak boleh atau jangan sampai kita hilangkan dari pikiran kita dan selalu kita waspadai,''kata Ketua PMT, Muhamad Arif.

Dengan nobar film tersebut, lanjut Ayiep, panggilan akrab Muhammad Arif berharap anggota PMT dapat mengerti sejarah dan mewaspadai gerakan apapun yang bertujuan untuk mengganti dasar negara, agar tidak terluang kembali di masa yang akan datang.

Disebutkan Ayiep, sejarah juga mencatat di Kota Tegal dan sekitarnya terjadi pemberontakan Kutil yang merupakan kejadian yang sangat menyakitkan bagi Bangsa Indonesia.

“Letkol Untung pun tertangkap di Kota Tegal oleh masyarakat dan diserahkan ke Sub Denpom PM Tegal. Itu merupakan sejarah panjang terjadinya gerakan tersebut,”jelas Ayiep.

Menurut Wandi, salah satu anggota PMT yang mengikuti nobar ini merasa senang kembali dapat nobar film tersebut.

Baca Juga: Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Sosialisasikan KIP ke Penyandang Disabilitas

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kompak, 3 Dalang Tegal Kolaborasi Gempur Rokok Ilegal

Minggu, 20 November 2022 | 21:07 WIB
X