2.416 Warga Kabupaten Tegal Terima BLT Cukai Hasil Tembakau, Ini Sasaran Penerimanya

- Senin, 3 Oktober 2022 | 11:12 WIB
Penyerahan BLT DBHCHT oleh Bupati Tegal Umi Azizah didampingi Plt Kepala Dinas Sosial, Nurhayati di PT Tegal Jaya Makmur Sejahtera (dok)
Penyerahan BLT DBHCHT oleh Bupati Tegal Umi Azizah didampingi Plt Kepala Dinas Sosial, Nurhayati di PT Tegal Jaya Makmur Sejahtera (dok)

KRAMAT, AYOTEGAL.COM - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) APBD Kabupaten Tegal 2022 telah direalisasikan.

Ada 2.416 orang yang telah menerima BLT DBHCHT dari berbagai kelompok penerima manfaat, di antaranya buruh pabrik rokok, buruh tani tembakau, penyandang disabilitas dan lansia.

BLT DBHCHT diberikan kepada kelompok sasaran dengan nilai Rp 600 ribu per orang.

Baca Juga: Meriahkan Solo Batik Music Festival, bank bjb Hadirkan Promo Menarik dan Apresiasi Pelaku Batik

Penyerahan BLT DBHCHT tahap satu telah diberikan oleh Bupati Tegal Umi Azizah di PT Tegal Jaya Makmur Sejahtera, Rabu 28 September 2022.

Menurut Umi Aziah, BLT DBHCHT ini merupakan bagian dari program pembinaan lingkungan sosial.

Bantuan melalui transfer rekening bank ini diberikan selama empat bulan, dari Agustus-November 2022 dengan total nominal Rp 1,2 juta rupiah atau Rp 300 ribu per bulan yang akan disalurkan dua tahap melalui Bank Tegal Gotong Royong (TGR).

“Mudah-mudahan, bantuan sosial pemerintah daerah melalui DBHCHT ini bisa bermanfaat dan saya minta agar bantuan ini betul-betul bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, bisa dirasakan seluruh anggota keluarga,” kata Umi.

Umi Azizah menjelaskan, kebijakan DBHCHT merupakan upaya intervensi pemerintah terhadap lima aspek, yaitu kesehatan masyarakat terkait prevalensi perokok, ketenagakerjaan di sektor industri hasil tembakau, petani tembakau, peredaran rokok ilegal, dan penerimaan.

Sehingga, lanjut Umi, pemanfaatan DBHCHT tidak terlepas dari kegiatan peningkatan kualitas bahan baku, pembinaan industri, pembinaan lingkungan sosial, sosialisasi ketentuan di bidang cukai dan atau pemberantasan barang kena cukai ilegal.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kompak, 3 Dalang Tegal Kolaborasi Gempur Rokok Ilegal

Minggu, 20 November 2022 | 21:07 WIB
X