Pendataan Tenaga Honorer Pemkab Tegal Gaduh, Umi Azizah Minta Segera Masukkan ke Data BKN

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 12:48 WIB
Bupati Tegal Umi Azizah saat menemui ratusan tenaga honorer atau non-ASN di Pendopo Rumah Dinas Bupati Tegal, (dok Humas Pemkab Tegal)
Bupati Tegal Umi Azizah saat menemui ratusan tenaga honorer atau non-ASN di Pendopo Rumah Dinas Bupati Tegal, (dok Humas Pemkab Tegal)

SLAWI, AYOTEGA.COM – Pendataan tenaga honorer atau non ASN di Pemkab Tegal menuai masalah. Pasalnya, sebagian besar tidak masuk dalam pendataan di BKN.

Mereka kemudian mengadu ke DPRD dan Bupati Tegal. Merespons protes tersebut, Bupati Tegal Umi Azizah menegaskan, tenaga honorer harus masuk ke lama pendataan BKN.

Pasalnya, menurut Umi Azizah, keberadaan tenaga honorer atau non-ASN sangat diperlukan dalam menunjang penyelenggaraan kegiatan pemerintah daerah, termasuk pelayanan publik.

Baca Juga: Suporter Persekat Tegal Nyalakan Lilin Love Duka atas Tragedi Kanjuruhan Malang di Monumen GBN Slawi

Hal tersebut disampaikan oeh Umi Azizah saat menerima 200-an orang tenaga honorer di Pendopo Rumah Dinas Bupati Tegal, Jumat 30 September 2022 malam.

Sebelumnya, tenaga honorer juga beraudiensi dengan Komisi I DPRD Kabupaten Tegal. Tenaga honorer mengadu namanya tidak masuk dalam daftar nominatif hasil pendataan tenaga non-ASN Pemkab Tegal sebagaimana yang dirilis Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tegal.

Menurut Umi Azizah, Pemerintah pusat melalui Kementerian PANRB melakukan moratorium CPNS sejak tahun 2014 lalu.

Dampaknya, ada bagian, bidang atau unit kerja tertentu yang mengalami kekurangan tenaga atau karyawan seperti PNS yang pensiun, penambahan beban kerja, hingga tuntutan kebutuhan SDM profesional dan cakap teknologi yang tidak memungkinkan dicukupi SDM ASN yang ada.

''Kekosongan inilah yang akhirnya diisi tenaga honorer agar pelayanan publik pemerintah tidak terganggu atau bahkan tertinggal karena tuntutan zaman,''katanya.

Baca Juga: Operasi Zebra Candi 2022 Polres Tegal, Tak Ada Razia Terapkan Tilang Elektronik dan Edukatif Lalu Lintas

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kompak, 3 Dalang Tegal Kolaborasi Gempur Rokok Ilegal

Minggu, 20 November 2022 | 21:07 WIB
X