Teken Kemitraan, 6 Pelaku Industri Logam LIK Takaru Tegal Siap Pasok Komponen Alat Berat di Jawa Tengah

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:02 WIB
6 peaku IKM Logam Tegal jalin kemitraan dengan sejumlah industri besar di Jawa Tengah.  (dok Humas Pemkab Tegal)
6 peaku IKM Logam Tegal jalin kemitraan dengan sejumlah industri besar di Jawa Tengah. (dok Humas Pemkab Tegal)

KRAMAT, AYOTEGAL.COM – Sebanyak 6 pelaku industri logam di Lingkungan Industri Kecil (LIK) Takaru Tegal siap memasok kebutuhan komponen alat berat di Jawa Tengah.

Hal tersebut tertuang dalam kemitraan dengan sejumlah industri besar di Jawa Tengah.

Penandatanganan kemitraan 6 pelaku industri logam disaksikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Tegal Hendadi Setiadji di ruang pertemuan LIK Takaru, Kelurahan Dampyak, Kecamatan Kramat, Senin 3 Oktober 2022.

Baca Juga: PLN Hadir di Wisata Pelayanan Publik City Walk Kota Tegal, Sediakan Loket dan Souvenir buat Pelanggan

Menurut Hendadi , melalui fasilitasi pendamping 5R (ringkas, rapi, resik, rawat dan rajin) dan temu bisnis oleh Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin) ini kehidupan industri logam Kabupaten Tegal semakin tumbuh.

''Pola kemitraan yang terjalin menjadi penyemangat pelaku industri logam. Harapan kami dan tentunya juga para pelaku IKM logam, kemitraan yang sudah terjalin ini bisa terus berkembang dan bertambah dengan kemitraan-kemitraan lain yang saling menguntungkan,”katanya.

Hendadi mengapresiasi Kemenperin yang telah memfasilitasi sejumlah IKM logam yang tergabung dalam Koperasi Tegal Manufaktur Indonesia (TMI) mampu bermitra dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) untuk menjadi pemasok komponen otomotif tier dua pada supply chain industri otomotif terbesar di Indonesia, PT Astra Indonesia.

“Dari sini, pelaku IKM kita jadi terpacu untuk bekerja lebih kompetitif, displin, real time dan on demand serta mampu menerapkan SOP ketat yang diberlakukan perusahaan mitra untuk mencapai targetnya,” ujarnya.

Sementara itu, mewakili Direktur IKM Logam Mesin Elektronika dan Alat Angkut Direktorat Jenderal IKM dan Aneka Kemenperin, Ni Wayan Yuni Widayanti menuturkan melalui temu bisnis tersebut diharapkan mampu meningkatkan motivasi usaha, memperluas pasar melalui penerapan prinsip-prinsip 5R sebagai upaya peningkatan produktivitas, efesiensi, efektifitas, dan keselamatan kerja di lingkungan internal perusahaan.

Baca Juga: City Walk Kota Tegal Disulap Jadi Pusat Wisata Pelayanan Publik

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kompak, 3 Dalang Tegal Kolaborasi Gempur Rokok Ilegal

Minggu, 20 November 2022 | 21:07 WIB
X