Personel Terbatas, Bawaslu Kabupaten Tegal Optimalkan Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 18:28 WIB
Bawasu Kabupaten Tegal menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dan Deklarasi Pemilu 2024 Bermartabat di Hotel Grand Dian Slawi, Rabu 5 Oktober 2022. (dok)
Bawasu Kabupaten Tegal menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dan Deklarasi Pemilu 2024 Bermartabat di Hotel Grand Dian Slawi, Rabu 5 Oktober 2022. (dok)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tegal mengoptimalkan pengawasan parisipatif masyarakat dalam Pemilu 2024. Pasalnya, tenaga pengawas tidak sebanding dengan jumlah daftar pemilih.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal Ikbal Faisal dalam acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dan Deklarasi Pemilu 2024 Bermartabat di Hotel Grand Dian Slawi, Rabu 5 Oktober 2022.

Menurut Ikbal, jumlah pengawas di Kabupaten Tegal sebanyak 4.879 orang mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa.

Baca Juga: Gandeng Komunitas Mamah Hebat, Polres Tegal Sosialisasikan Bahaya Narkoba

''Dari jumlah tersebut tidak sebanding dengan jumlah pemilih yang mencapai 1,2 juta orang,''katanya.

Karena itu, lanjut Ikbal, guna mewujudkan Pemilu 2024 yang bermartabat peran pengawasan partisipatif dari komponen masyarakat sangat dibutuhkan.

Ikbal menyampaikan komponen masyarakat yang diharapkan memiliki peran penting dalam pengawasan partisipatif dari berbagai organisasi masyarakat, pemerintah, pemuda, dan media.

"Bentuk pencegahan yang saat ini kami lakukan adalah sosialisasi pengawasan Pemilu parsitipatif. Kami sosialisasikan secara menyeluruh kepada seluruh komponen di Kabupaten Tegal, agar pengawasan partisipan itu bisa berjalan secara maksimal," kata Ikbal.

Menurutnya, sosialisasi kerja pengawas Pemilu parsitifatif dilakukan agar masyarakat bisa ikut berpartisipasi untuk melakukan pengawasan Pemilu.

Baca Juga: Teken Kemitraan, 6 Pelaku Industri Logam LIK Takaru Tegal Siap Pasok Komponen Otomotif di Jawa Tengah

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kompak, 3 Dalang Tegal Kolaborasi Gempur Rokok Ilegal

Minggu, 20 November 2022 | 21:07 WIB
X