Ketua KPU Brebes: Banyak Warga Kaget, Mengira Dapat Bantuan saat Verfak Keanggotaan Parpol

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 16:02 WIB
Ketua KPU Kabupaten Brebes Muamar Riza Pahlevi saat melakukan verifikasi faktual keanggotaan parpol (dok KPU Brebes)
Ketua KPU Kabupaten Brebes Muamar Riza Pahlevi saat melakukan verifikasi faktual keanggotaan parpol (dok KPU Brebes)

BREBES, AYOTEGAL.COM - KPU Kabupaten Brebes mulai melakukan verifikasi faktual (verfak) kepengurusan dan keanggotaan 8 partai politik calon peserta Pemilu tahun 2024.

Dari 8 partai politik tersebut terdapat jumlah anggota partai politik yang diverifikasi mencapai 2.347 orang.

Dalam pelaksanaannya, verifikator KPU Kabupaten Brebes harus mendatangi tempat tinggal anggota partai politik dan mendapat tantangan yang cukup berat.

Baca Juga: Bikin Efek Jera, Kapolres Tegal Jadikan Pelajar Terlibat Tawuran Duta Anti-tawuran

Selain jumlahnya yang cukup banyak, juga tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Brebes mulai dari wilayah pantai hingga pegunungan.

Seperti yang disampaikan Ketua KPU Kabupaten Brebes Muamar Riza Pahlevi pada Kamis 20 Oktober 2022 yang harus melewati rintangan cukup ekstrem.

Mulai dari masuk gang sempit, jalan buntu, pematang sawah, hingga menyeberangi sungai besar, seperti Sungai Pemali dengan perahu.

"Ini tantangan yang luar biasa, tapi harus kami kerjakan. Semua komisioner dan staf KPU terjun semua ke wilayah," ujarnya usai sampai di kantornya.

Riza mengungkapkan, tak sedikit tanggapan masyarakat yang namanya tercantum sebagai anggota parpol saat diverifikasi tersebut merasa kaget, ketakutan, hingga ada yang beranggapan mau dapat bantuan.

"Saat verifikasi ini, kita tidak bisa pakai mobil, harus pakai motor, karena pasti akan mencari anggota parpol tersebut hingga ke gang-gang sempit," tambahnya.

Baca Juga: KIM Punduh Kabupaten Tegal Raih Juara 1 Lomba Film Pendek Jateng 2022, Usung Cerita Tegar

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X