KIP Award, 14 OPD di Kabupaten Tegal Ikuti Uji Publik

- Kamis, 17 November 2022 | 15:35 WIB
Uji Publik Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award Kabupaten Tegal tahun 2022. (dok Dinas Kominfo Kabupaten Tegal)
Uji Publik Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award Kabupaten Tegal tahun 2022. (dok Dinas Kominfo Kabupaten Tegal)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Sebanyak 14 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti uji publik dalam rangka Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award Kabupaten Tegal tahun 2022.

Penyeenggaraan uji publik berlangsunhg pada Rabu 16 November 2022 di Gedung Amarta Setda.

Hadir sebagai Tim Panelis yang terdiri dari Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal yang diwakili Asisten Administrasi Fakihurohim, Ketua Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah Sosiawan dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasakti (UPS) Tegal Siswanto.

Baca Juga: Sertijab Polres Tegal, 2 Kasat dan 2 Kapolsek Dimutasi

Dalam uji publik tersebut, masing-masing kepala OPD memaparkan komitmen, inovasi, langkah, upaya dan tata kelola informasi publik di instansinya dalam rangka mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal, Nurhayati didampingi Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo, Kusnianto mengatakan, uji publik ini merupakan tahap terakhir dari rangkaian acara KIP Award .

Sebelum tahap uji publik juga telah dilakukan tahap Monitoring Evaluasi Website PPID, tahap pengisian Self Assignment Quisioner (SAQ), dan tahap visitasi untuk verifikasi dan validasi.

Menurut Nurhayati, KIP Award merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Tegal untuk mewujudkan badan Publik Pemerintah yang informatif.

Artinya, badan publik yang menyediakan, melayani dan memberikan informasi publik dengan mudah, murah, cepat dan akuntabel berdasarkan standar pelayanan informasi publik khususnya mendasari Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2021.

''Untuk mewujudkan Kabupaten Tegal yang Informatif , tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kominfo saja tapi perlu didukung oleh seluruh OPD yang ada di Kabupaten Tegal,''katanya.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kompak, 3 Dalang Tegal Kolaborasi Gempur Rokok Ilegal

Minggu, 20 November 2022 | 21:07 WIB
X