Sekda Tegal Beri Hadiah Kambing ke Pemenang KIP Award 2022, Catat 29 OPD Pemkab Tegal Tidak Informatif

- Jumat, 25 November 2022 | 16:19 WIB
Sekda Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono memberikan hadiah satu ekor kambing kepada Bappeda dan Litbang yang meraih prestasi juara 1 KIP Award 2022 (dok Dinas Kominfo Kabupaten Tegal)
Sekda Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono memberikan hadiah satu ekor kambing kepada Bappeda dan Litbang yang meraih prestasi juara 1 KIP Award 2022 (dok Dinas Kominfo Kabupaten Tegal)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Sekda Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono memberikan hadiah satu ekor kambing kepada Bappeda dan Litbang yang meraih prestasi peringkat 1 dalam Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award 2022.

Hadiah tersebut diserahkan Sekda Joko pada Anugerah Penilain Keterbukaan Informasi Publik bagi perangkat Daerah Kabupaten Tegal tahun 2022 di Gedung Dadali, Kamis 24 November 2022.

Bupati Tegal Umi Azizah dalam sambutan yang disampaikan oleh Sekda mengatakan, KIP Award Pemerintah Kabupaten Tegal ini bukanlah suatu ajang yang dimaknai sebagai kontestasi antar OPD, tetapi harus dimaknai sebagai tolok ukur implementasi keterbukaan informasi publik khususnya di lingkungan Pemkab Tegal.

Baca Juga: Cegah Tawuran Pelajar, Polres Tegal Masifkan Patroli pada Jam Rawan

“Saya minta kontribusi dalam menyediakan informasi data yang valid dan berkesinambungan dari masing-masing PPID pelaksana OPD serta PPID Pemkab Tegal tentang capaian-capaian pembangunan maupun kebijakan-kebijakan Pemkab Tegal dapat diterima masyarakat dengan mudah dan biaya murah,''kata Sekda Joko.

Dijelaskan, mengacu pada UU No 14 Tahun 2008 sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan hak setiap orang untuk memperoleh informasi, maka Badan Publik berkewajiban untuk menyediakan dan melayani permintaan informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan, proporsional, dan cara sederhana.
''Setiap OPD sebagi Badan publik berkewajiban untuk membuka akses atas informasi publik yang berkaitan dengan badan publik tersebut untuk masyarakat luas,''tandasnya.

Sekda Joko berharap, agar kegiatan KIP Award seperti ini diselenggarakan rutin setiap tahun dan terus ditingkatkan kualitas indikator nya sehingga OPD dan Pemkab Tegal semakin terbuka dan transparan informasi publiknya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nurhayati, mengatakan tema KIP Award tahun ini adalah Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi Publik bagi OPD Selaku Badan Publik Yang Informatif.

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun 2022, Bhabinkamtibmas Polres Pemalang Keliling Toko Kelontong Pantau Harga Sembako

Penilaian KIP Award dilakukan secara bertahap kepada seluruh OPD dan Kecamatan se-Kabupaten Tegal. Meliputi tahap I Monitoring dan Evaluasi Website PPID Pelaksana, Tahap II Penilaian Mandiri SAQ (Self Assessment Questionnaire), Tahap III Visitasi dan Verifikasi, dan Tahap IV Uji Publik.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X