UPS Tegal Bertekad Jadi Pusat Kajian Sastra Tegalan

- Rabu, 1 Desember 2021 | 16:29 WIB
Peringatan HUT Ke-27 Sastra Tegalan di Aula YPP kompleks Kampus UPS Tegal, Selasa (29 November 2021)
Peringatan HUT Ke-27 Sastra Tegalan di Aula YPP kompleks Kampus UPS Tegal, Selasa (29 November 2021)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM - Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Tegal, Dr Imawan Sugiharto menegaskan, Universitas Pancasakti (UPS) Tegal bertekad menjadi pusat kajian sastra Tegalan.

Hal itu disampaikan Dr Imawan Sugiharto saat memperingati HUT Ke-27 Sastra Tegalan di Aula YPP kompleks Kampus UPS Tegal, Selasa (29 November 2021).

"Kami bertekad UPS menjadi pusat buku-buku sastra dan budaya Tegalan," tandas Imawan Sugiharto.

Baca Juga: UMK Jateng 2022 Ditetapkan, Kota Tegal Rp2.005.930 dan Brebes Rp1.885.019

Hal yang sama juga disampaikan Rektor UPS Tegal, Dr. Taufiqullah yang menyatakan, UPS Tegal akan berkolabirasi dengan para sastrawan Tegalerin dengan para dosen untuk bersama-sama menambah ilmu Sastra Tegalan.

"Bersama para seniman Tegalan kami bertekad bekerja sama dalam memajukan Sastra Tegalan," ujar Taufiqullah.

Sementara itu, memperingati HUT Ke-27 Sastra Tegal, panitia penyelenggara mengusung ''Brayan Kanggo Ningkatnya Martabat Sastra Tegalan''.

Ketua Panitia Mohammad Ayyub, kata Tegalerin menunjukkan identitas asli penduduk Tegal. "Tegalerin itu menurut Lanang Setiawan, artinya asli orang yang lahir di Tegal meliputi tidak hanya kota akan tetapi Kabupaten Tegal," ucapnya.

Presiden Penyair Tegalerin, Dr. Maufur dalam kesempatan itu membacakan puisi, termasuk Dr. Tri Mulyono juga membaca puisi Tegalerin.

Secara bergiliran, juga tampil Dwi Ery Santoso membaca puisi “Brug Abang”, Apito Lahire membaca puisi ''Kalirambut Jatinegara''.

Apito Lahire mengatakan, Puisi Tegalerin menjadi sarana sublimasi bagi para penyairnya untuk menerjemahkan ide, kenangan, harapan, nilai-nilai filosofi, kesaksian, kritik, transendental lewat bahasa Tegal dan indonesia.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BTN Gelar IPEX 2022 Bidik KPR Baru Rp1,5 Triliun

Senin, 21 November 2022 | 10:29 WIB
X