Kota Tegal Masuk 50 Daerah Pendampingan Smart City Kementerian Kominfo

- Kamis, 21 April 2022 | 20:15 WIB
Kota Tegal masuk 50 daerah yang terpilih dalam pendampingan Smart City Kementerian Kominfo (dok)
Kota Tegal masuk 50 daerah yang terpilih dalam pendampingan Smart City Kementerian Kominfo (dok)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM - Kota Tegal masuk 50 daerah yang terpilih dalam pendampingan Smart City Kementerian Kominfo.

Bersama dengan 49 daerah kabupaten dan kota seluruh Indonesia, Kamis 21 April 2022 dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Kementerian Kominfo melalui zoom meeting.

Menteri Kominfo, Johnny G Plate dalam arahannya menyampaikan, sebagai bentuk dukungan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kabupaten/ Kota dalam upaya mengimplementasikan Smart City.

Baca Juga: RSI PKU Muhammadiyah Tegal Edukasi Bahaya TBC, Gelar Seminar dan Penyuluhan di Pengajian

Karena itu, lanjut Johnny, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian PAN dan RB, Kementerian Pariwisata, dan Kantor Staf Presiden melaksanakan program Gerakan Menuju Smart City.

“Gerakan dimaksud ditujukan untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam ekosistem smart city. Pada Tahun 2022, kami akan melakukan pendampingan penyusunan masterplan Smart City bagi 50 kabupaten/kota yang telah terpilih melalui proses penilaian (assessment) yang telah dilakukan pada tahun 2021,”katanya.

Kota Tegal melaksanakan “Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama” di Command Room Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal. Sementara dari Kemenkominfo dilakukan oleh Ditjen Aplikasi Informatika, Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan.

Menteri Kominfo dalam arahannya menyampaikan bahwa momentum penandatanganan MoU tersebut merupakan simpul penguat kolaborasi bersama Kemkominfo dan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan implementasi Smart City atau implementasi kota cerdas di Indonesia.

Baca Juga: CGI Gelar Turnamen Mobile Legends Bang Bang di Hari Jadi Ke 421 Kabupaten Tegal, Ini Jadwalnya

“Dengan adanya partisipasi aktif dan keinginan yang kuat dari Pemerintah Daerah, saya berharap titik-titik pertumbuhan digital bisa bermunculan di seluruh penjuru Indonesia untuk membawa gerak akselerasi pertumbuhan yang inklusif, berkelanjutan dan memberdayakan,” jelas Johnny G Plate.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CERITA TEGALAN Akhir Pekan, Ungsum Reuni

Minggu, 15 Mei 2022 | 17:31 WIB
X