Seniman Kota Tegal Terlibat Karya Bersama Shakespeare Project, Pentas Teater Lintas Kota

- Rabu, 8 Juni 2022 | 19:35 WIB
Latihan pertunjukan teater Shakespeare Project di Kota Tegal (dok)
Latihan pertunjukan teater Shakespeare Project di Kota Tegal (dok)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM - Pekerja seni beberapa kota di Jawa Tengah tengah mempersiapkan sebuah pertunjukan teater. Kerja bersama para pekerja seni ini selanjutnya menyebut diri sebagai Shakespeare Project.

Mengangkat naskah William Shakespeare yang berjudul Julius Caesar, yang telah diadaptasi bebas oleh Asa Jatmiko, Mereka telah memulai proses bersama tersebut semenjak akhir November 2021, dalam sebuah pertemuan yang dilakukan di Semarang.

Pertunjukan ini didukung sepenuhnya oleh RKBBR (Rumah Khalwat & Balai Budaya Rejosari), Kudus.

Baca Juga: Musibah Tanah Bergerak di Pinggir Sungai Gung, Puluhan Rumah Warga Desa Kajen Rusak

Shakespeare Project dipilih menjadi nama kegiatan para pekerja seni beberapa kota di Jawa Tengah, untuk serangkaian proses berteater dan karya bersama.

Proses berteater kali ini unik, karena tempat latihan yang berpindah-pindah sesuai domisili mereka.

Demikian juga gagasan konsep pertunjukan, proses pencarian bentuk dan jelajah keaktoran yang mengedepankan kesepakatan antar-mereka.

Dari sinilah dialektika, gagasan dan wacana-wacana berteater digodok bersama, sesuai dengan kekuatan khasnya masing-masing.

Diharapkan dengan bertemu dan berproses bersama lintas kota di Jawa Tengah ini, masing-masing akan mendapatkan pengalaman yang baru.

Namun, di atas itu semua, tujuan utama Shakespeare Project adalah terjalinnya komunikasi yang semakin intens, derap semangat berlatih/berproses dan semakin eratnya jalinan silaturahim antar pekerja seni di Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BTN Gelar IPEX 2022 Bidik KPR Baru Rp1,5 Triliun

Senin, 21 November 2022 | 10:29 WIB
X