Kota Tegal Susun Master Plan Percepatan Smart City, Kementerian Kominfo Berikan Bintek

- Selasa, 21 Juni 2022 | 18:57 WIB
Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Program Unggulan Tahap I di ruang Adipura, Kompleks Balai Kota Tegal, Selasa 21 Juni 2022. (dok)
Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Program Unggulan Tahap I di ruang Adipura, Kompleks Balai Kota Tegal, Selasa 21 Juni 2022. (dok)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM - Pemerintah Kota Tegal melakukan percepatan menuju Smart City dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Program Unggulan Tahap I di ruang Adipura, Kompleks Balai Kota Tegal, Selasa 21 Juni 2022.

Ketua Tim Pelaksana Smart City Kota Tegal, Resti Drijo Prihanto dalam pembukaan Bintek tersebut, Bintek yang dipandu oleh Tim dari Kementerian Komunikasi dan Infromatika (Kemkominfo), yakni menyusun Masterplan Smart City Kota Tegal dan Menentukan Program Percepatan (Quick Win) Program Smart City Kota Tegal.

“Bimbingan Teknis ini dilaksanakan dalam rangka Penyusunan Masterplan Smart City Kota Tegal dan Menentukan Program Percepatan (Quick Win), Program Smart City Kota Tegal,” ujar Ketua Tim Pelaksana Smart City Kota Tegal sekaligus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda).

Baca Juga: Sampan Digifest 2022, Digitalisasi Daerah Brebes Teraktif, Kabupaten Tegal Inovatif

Resti menyampaikan bahwa sebelumnya sesuai dengan Surat Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Nomor B003/KOMINFO/DJAI/AI.01.04/01/2022 tanggal 3 Januari 2022 tentang Penyampaian Hasil Assessment, Kota Tegal ditunjuk sebagai salah satu dari 50 Kabupaten/Kota dalam Gerakan Menuju Smart City.

Selanjutnya telah ditandatangani Nota Kesepakatan antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Pemerintah Kota Tegal tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Kota Tegal Tahun 2022 pada tanggal 21 April 2022.

Sebagai tindak lanjut Nota Kesepakatan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama-sama Pemerintah Kota Tegal menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan Kota Tegal Tahap I.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Tegal, Johardi menyampaikan bahwa smart city merupakan strategi yang komprehensif, inklusif, efektif, efisien dan berkelanjutan.

''Program ini merupakan terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi yang inovatif dan kreatif, oleh karena itu harus terus dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang semakin berkembang dan kompleks,''katanya.

Saat ini, Kota Tegal telah mempersiapkan pendukung smart city dalam waktu yang lama, dengan pembangunan jaringan fiber optik, penyediaan infrastruktur pusat data, pembangunan aplikasi pelayanan publik dan administrasi pemerintah serta integrasi data dan proses bisnis pelayanan publik, tetapi pelaksanaannya belum dapat menjangkau seluruh sektor pelayanan publik.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X