Dipresentasikan ke Kemenpan RB, 2 Inovasi Pendidikan Kota Tegal Masuk Top 99

- Selasa, 5 Juli 2022 | 16:24 WIB
Dua inovasi pendidikan Kota Tegal berhasil masuk Top 99, yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dan Perpustakaan SMP N 1 Kota Tegal (dok)
Dua inovasi pendidikan Kota Tegal berhasil masuk Top 99, yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dan Perpustakaan SMP N 1 Kota Tegal (dok)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL- Dua inovasi pendidikan Kota Tegal berhasil masuk Top 99, yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dan Perpustakaan SMP N 1 Kota Tegal.

Kedua inovasi pendidikan Kota Tegal dipresentasikan di hadapan Tim Penguji dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Selasa 5 Juli 2022.

Presentasi dilaksanakan via daring di Command Room Diskominfo Kota Tegal dengan dihadiri Sekretaris Daerah Kota Tegal Johardi mewakili Wali Kota Tegal.

Baca Juga: Jadwal Bioskop CGV Transmart Tegal, Selasa 5 Juli 2022

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal M Ismail Fahmi, Kepala SMP Negeri 1 Kota Tegal Listiana Kusuma Wardani dan Kepala Perpustakaan Eka Pustaka SMP Negeri 1 Kota Tegal Sismiyati.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tega Ismail Fahmi menjelaskan program Asela Dijaketi (Gerakan Ayo Sekolah Lagi Yang Terintegrasi Dengan Pendidikan Kejar Paket Dan Inklusi) merupakan pelaksanaan dari visi dan misi Wali Kota Tegal Tahun 2019-2024 yakni terwujudnya pemerintahan yang berdedikasi menuju Kota Tegal yang bersih, demokratis, disiplin dan inovatif.

Penerapan inovasi tersebut, melalui pelayanan kejar paket di kelurahan, pelayanan inklusi di SKB dan memperkuat sinergitas pengentasan.

Dari hal tersebut terbentuk Si Abang Belajar yaitu Sanggar Kegiatan Bangkit Belajar, SKB Inklusi dan jejaring sinergitas pemerintah, masyarakat dan satuan pendidikan.

Harapannya dengan dilaksanakan inovasi tersebut mampu memperkuat jejaring sinergitas pengentasan anak tidak sekolah, anak rentan putus sekolah kembali bersekolah, dan layanan pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus serta meningkatnya harapan lama sekolah dan meningkatnya angka rata-rata lama sekolah Kota Tegal.

Kepala SMP Negeri 1 Kota Tegal Listiana Kusuma Wardani mengatakan, untuk Elika Samasta merupakan transformasi dari Eka Pustaka milik sekolah yang menambah beberapa layanan dan kegiatan.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BTN Gelar IPEX 2022 Bidik KPR Baru Rp1,5 Triliun

Senin, 21 November 2022 | 10:29 WIB
X