Baru Pertama, Universitas Pancasakti Tegal Wisuda Pegiat Sastra, Ini Target dan Sasarannya

- Kamis, 7 Juli 2022 | 14:22 WIB
Wisuda Sastrawan Tegalan di Auditorium Universitas Pancasakti Tegal, Universitas Pancasakti (UPS) Tegal (dok)
Wisuda Sastrawan Tegalan di Auditorium Universitas Pancasakti Tegal, Universitas Pancasakti (UPS) Tegal (dok)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM - Sejak kesusastraan Tegalan dilahirkan pada tahun 1994 dengan munculnya puisi terjemahan “Tembangan Banyak” dari puisi WS. Rendra berjudul “Nyanyian Angsa”, geliat Sastra Tegalan terus bergerak.

Lebih dari 100 buku Sastra Tegalan sampai kemudian Kongres Sastra Tegalan pun digelar di Auditorium Universitas Pancasakti Tegal pada tahun 2019.

Bahkan, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT) telah menerbitkan Sastra Tegalan 3 buku dari pusi, kumpulan cerpen, dan aliran baru Wangsi–Wangsalan Puisi.

Baca Juga: Jadwal Film Bioskop Gajahmada Cinema Tegal, Kamis 7 Juli 2022

Sementara itu, Dewan Kesenian Kota Tegal menerbitkan buku puisi aliran baru bertajuk “Tegalerin Puisi 2:4:2:4. Sementara itu setiap tahun Komunitas Sastrawan Tegalan menggelar “Hari Sastrawan Tegalan” yang jatuh pada tanggal 26 November.

Kini pada Rabu, 6 Juli 2022 bertempat Auditorium Universitas Pancasakti Tegal, Universitas Pancasakti (UPS) Tegal setelah sukses menggelar Kongres Sastra Tegalan, menggelar acara lebih membahana dengan agenda Wisuda Sastrawan Tegalan untuk pegiat Sastra Tegalan dari mulai mahasiswa, guru, dosen, seniman, dan masyarakat yang peduli pada Sastra Tegalan.

Hadir pada acara Wisuda Sastrawan Tegalan, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, Bupati dan Wakil Bupati Tegal atau yang mewakili dan serta Bupati Brebes Idza Priyanti atau yang mewakili.

Para pendidik dari empat wilayah, juga seniman, guru, dosen, dan para pejabat. Wali Kota Tegal Dedi Yon Supriyono dalam sambutannya, menekankan gerakan Sastra Tegalan jangan sampai tenggelam di tengah arus deras globalisasi. Sastra Tegalan harus terus menggema dan dikenal dalam dunia kesusastraan Indonesia.

Baca Juga: Jadwal Film Bioskop Cinepolis Pacific Mall Tegal, Kamis 7 Juli 2022, Tayang Thor Love And Thunder

“Saya sangat mengapresiasi dengan adanya acara ini. Sastra Tegalan harus terus menggema. Jangan sampai tenggelam,” katanya pada acara itu.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Terkini

BTN Gelar IPEX 2022 Bidik KPR Baru Rp1,5 Triliun

Senin, 21 November 2022 | 10:29 WIB
X