Pelabuhan Tegal Over Kapasitas, Dedy Yon Usulkan Perluasan Kawasan 60 Hektare

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 16:50 WIB
Wali Kota Tegal Dedy Yon saat memberikan sambutan pada Forum Grup Discussion (FGD) dengan tema “Implementasi Sistem Manajemen Kebakaran Kapal di Pelabuhan Perikanan (dok)
Wali Kota Tegal Dedy Yon saat memberikan sambutan pada Forum Grup Discussion (FGD) dengan tema “Implementasi Sistem Manajemen Kebakaran Kapal di Pelabuhan Perikanan (dok)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM - Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono mengusulkan perluasan kawasan Pelabuhan Tegal seluas 60 hektare kepada Kementerian terkait.

Hal tersebut disampaikan Dedy Yon saat memberikan sambutan pada Forum Grup Discussion (FGD) dengan tema “Implementasi Sistem Manajemen Kebakaran Kapal di Pelabuhan Perikanan” di Ruang Pertemuan Royal Majesty Hotel Premiere, Kamis 4 Agustus 2022.

Acara dihadiri Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), pemilik kapal di Kota Tegal, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal, Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal, dan sejumlah unsur terkait.

Baca Juga: Wisata Desa Cempaka Tegal Gelar Suro Fest #3 Mulai Jumat Besok, Ini Jadwal dan Agendanya

Menurut Dedy Yon, jumlah kapal yang ada di Kota Tegal sudah terlalu banyak. Kasus terbakarnya puluhan kapal yang terjadi beberapa waktu lalu lantaran jarak kapal yang bersandar terlalu berdekatan, telah melebihi daya tampung Pelabuhan.

"Pelabuhan Tegal memang sudah tidak bisa lagi menampung jumlah kapal yang ada. Dari daya tampung sebanyak 295 kapal, namun kondisi yang sekarang ada sebanyak seribu kapal lebih yang berizin. Apalagi saat menjelang Idul Fitri, banyak kapal yang bersandar membuat pemandangan pelabuhan sangat padat," ungkapnya.

Terkait dengan musibah kebakaran yang terjadi di Kota Tegal dan menghanguskan puluhan kapal, hal tersebut karena jarak kapal yang terlalu dekat, sementara kapal yang ada sangat susah untuk dilakukan evakuasi.
Oleh karenanya, untuk mengantisipasi musibah serupa terjadi kembali, Pemerintah Kota Tegal terus melakukan upaya termasuk koordinasi dengan kementerian, yakni dengan mengusulkan reklamasi atau perluasan ke sebelah utara seluas 60 hektare.

Sehingga total luas pelabuhan bisa mencapai 77,2 hektar, sangat mencukupi untuk kapal-kapal yang berlabuh.

Baca Juga: Turunkan Angka Stunting, Pemkab Tegal Gandeng TNI

Selain upaya tersebut, Pemerintah Kota Tegal juga terus menghimbau kepada pemilik kapal untuk menugaskan Anak Buah Kapal (ABK)-nya agar senantiasa menjaga kapal saat malam tiba, termasuk memiliki nomor-nomor penting dari unsur terkait seperti Damkar, BPBD, Polres ataupun Polsek, dan ketersediaan alat pemadam api ringan.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X