SOSOK KH Muchlas, Pencetus Pawai Rolasan yang Dulu Dikenal Pawai Oncor di Kota Tegal

- Selasa, 6 September 2022 | 17:52 WIB
KH Muchlas (dok)
KH Muchlas (dok)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM - Event Pawai Rolasan Panggung kembali akan digelar di Kota Tegal. Rencananya digelar pada Oktober 2022 mendatang.

Pawai Rolasan Panggung sudah dikenal oleh warga Kota Bahari sebagai event yang digelar saat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Tiap kali digelar, Pawai Rolasan Panggung telah memikat peserta pawai maupun ribuan warga ikut ambil bagian. Penyelenggaraannya pun berlangsung meriah.

Baca Juga: Kapolres Pemalang Cek Kesiapan Pengamanan Pilkades Serentak 2022

Jika merunut ke belakang sejenak, Pawai Rolasan Panggung tersebut tidak bisa lepas dari sosok ulama besar KH Muchlas yang wafat tahun 1964.

Peneliti sejarah KH Muchlas, A. Zaini Bisri dalam perbincangan dengan AyoTegal menjelaskan, tradisi Pawai Rolasan awalnya dikenal sebagai Pawai Oncor.

Pasalnya, saat itu peserta membawa obor karena elum ada listrik. Kiai Muchlas berusaha mempersatukan umat Islam di Tegal. ''Pawai Rolasan dimulai tahun 1949 dan sempat vakum selama 22 tahun di era Orde Baru karena kecurigaan pihak penguasa,''kata Zaini.

Lewat tradisi pawai itulah, lanjut dia, Kiai Muchlas menghimpun berbagai kelompok umat untuk tampil bersama dalam rangka memperingati Maulid Nabi.

Dikatakan oleh Zaini, jasa KH Muchlas dirasakan hingga sekarang. Kehidupan sosial umat Islam dan masyarakat Tegal relatif rukun dan minim gesekan.

Perbedaan pendapat dan pandangan dalam masalah agama dianggap hal yang lumrah. ''Di masa lalu, Pawai Rolasan bukan hanya diikuti berbagai ormas dan lembaga pendidikan Islam, tetapi juga elemen-elemen masyarakat Tegal yang lain,''jelasnya

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank BTN Gelar Road Show Tabungan BTN Bisnis di Medan

Minggu, 25 September 2022 | 17:38 WIB

Gandeng BNN, BTN Perluas Layanan Jasa Keuangan

Rabu, 21 September 2022 | 12:15 WIB

Laba Bersih BTN Melonjak 59,87%

Kamis, 15 September 2022 | 14:30 WIB
X