Kisah Sukses: Penjual Es Kuwut Selesaikan S2 dan Punya 20 Kedai

- Senin, 7 Januari 2019 | 14:53 WIB
Penjual Es Kuwut, Afri Utami Kamil (26) atau Mba Ute. (Lilisnawati/Ayotegal.com)
Penjual Es Kuwut, Afri Utami Kamil (26) atau Mba Ute. (Lilisnawati/Ayotegal.com)

KRAMAT, AYOTEGAL.COM--Kisah inspiratif datang dari wanita berusia 26 tahun asal Tegal. Dia penjual es kuwut dari semula jualan kelilingan menggunakan sepeda motor kini sudah memiliki 20 kedai es kuwut yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Dia adalah Afri Utami Kamil atau yang lebih dikenal dengan Mba Ute.

Kisah sukses itu diawali dengan jualan es yang dijalani masih kuliah tahun 2015. Sekitar tahun 2016, ia mulai buka kedai pertamanya di Jalan Pala Raya, Mejasem Kabupaten Tegal.

AYO BACA : Es Sagwan, Minuman Legendaris Tegal

"Karena dulu ekonomi keluarga pas-pasan jadi saya bertekad bagaimana caranya bisa mendapat uang saku tambahan. Dari dulu jualan apa saja asal bisa buat bayar kuliah. Kepikiran es kuwut karena dulu pernah ke bali dan rasanya seger. Itu juga cita-cita saya dari dulu pengin jadi pedagang," paparnya.

Awal merintis, Ute mengaku tidak ada yang membeli, tidak laku sama sekali. Bahkan beberapa kali es kuwutnya dibuang karena memang tidak ada yang membeli.

AYO BACA : RSUD Kardinah Disurvei Tim Akreditasi SNARS

Akhirnya ia menemukan cara pemasaran dengan menggunakan media sosial. Pemasaran melalui media sosial pun semakin ia gencarkan. Seiring dengan berjalannya waktu es kuwut Mba Ute mulai dilirik masyarakat hingga banyak yang menawarkan kerjasama melalui kemitraan.

Setelah melalui masa-masa pahit merintis usaha, kini Ute telah merasakan buah manis dari hasil keringatnya sendiri. Usaha yang dirintisnya dari nol itu sekarang omzet perbulan Rp15 juta sampai Rp20 juta perkedainya.

"Alhamdulillah, sekarang saya bisa memberangkatkan haji orang tua dan saya juga bisa menyelesaikan pendidikan S2," ucapnya.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

X