Lewat Dialog Interaktif, Perpusda Kota Tegal Diwujudkan Sebagai The Living Library

- Sabtu, 18 Mei 2019 | 08:54 WIB
Kabid Perpustakaan, Wiluyo saat berdialog dengan pemustaka, Jumat (17/5/2019). (Lilisnawati/ayotegal.com)
Kabid Perpustakaan, Wiluyo saat berdialog dengan pemustaka, Jumat (17/5/2019). (Lilisnawati/ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Dalam rangka memperingati Hari Pemberdayaan Perpustakaan dan Hari Buku Nasional, Dinas Arpus Kota Tegal menggelar dialog interaktif bersama pemustaka, Jumat (17/5/2019) sore.

Dialog interaktif dipandu Kabid Perpustakaan Wiluyo dan diikuti sedikitnya 75 pemustaka aktif Perpusda Mr. Besar Martokoesoemo. Dengan mengambil tema "The Living Library", dialog interaktif ini juga menghadirkan enterpreaneur Seni Dekor Hantaran, Santi Widowati dari Rumah Kreasi Indonesia (RKI).

Dalam paparannya, Wilu mengatakan betapa pentingnya mengubah imej dan pola pikir masyarakat, bahwa Perpusda Kota Tegal harus segera menjadi perpustakaan modern, yang tidak hanya berkutat pada persoalan pinjam-meminjam buku.

Menurutnya "The Living Library" berarti menjadikan perpustakaan sebagai inspirasi dan realitas kehidupan. Segala keilmuan yang bersumber dari buku koleksi perpustakaan, idealnya dapat diimplementasikan dalam kehidupan produktif keseharian. Untuk itu diperlukan pemustaka yang terorganisir dan termenej.

Dalam kesempatan tersebut, Perpusda Kota Tegal juga membentuk Komunitas Pemustaka Perpusda Mr. Besar Martokoesoemo. 

Sementara itu, Kepala Dinas Arpus, Moh. Afin, berharap, komunitas pemustaka yang telah terbentuk dapat berkegiatan secara aktif, inovatif dan bukan sekadar komunitas “papan nama”. 

"Silakan jadikan perpusda sebagai markas kegiatan. Bentuk kantong-kantong pemustaka sesuai dengan minat dan bakat masyarakat dan kami siap untuk menampung dan bahkan memediasi keberlanjutannya," ujar Afin.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Bank BTN Gelar Road Show Tabungan BTN Bisnis di Medan

Minggu, 25 September 2022 | 17:38 WIB

Gandeng BNN, BTN Perluas Layanan Jasa Keuangan

Rabu, 21 September 2022 | 12:15 WIB

Laba Bersih BTN Melonjak 59,87%

Kamis, 15 September 2022 | 14:30 WIB
X