Kota Tegal Alokasikan Rp 70,4 M untuk Atasi Kemiskinan Ekstrem, Sekda Primawati Sebut 3 Program Strategis

- Rabu, 2 November 2022 | 15:28 WIB
Sekda Kota Tegal dokter Sri Primawati Indraswari (dok)
Sekda Kota Tegal dokter Sri Primawati Indraswari (dok)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM - Pemerintah Kota Tegal menganggarkan Rp 70,4 miliar untuk mengatasi persoalan kemiskinan ekstrem dengan tiga stretegi program

Hal itu disampaikan Pj Sekda Kota Tegal dokter Sri Primawati Indraswari dalam Rapat Koordinasi Tahun 2022, yang dilaksanakan di Hotel Karlita, Rabu 2 November 2022.

Dalam rakor tersebut mengusung tema "Integrasi Data dan Konvergensi Program Multisektor untuk Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem", dan dengan semangat "Kota Kolaborasi".

Baca Juga: Nomor WhatsApp Bhabinkamtibmas di Comal Pemalang Jadi Hotline Pengaduan Masyarakat

"Terkait rencana Program Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem (PPKE), sebagaimana arahan Bapak Presiden, telah kita susun program penanggulangan melalui tiga strategi utama dengan total anggaran pada RAPBD Tahun 2023 sebesar Rp. 70,4 miliar,"jelas dokter Primawati.

Dijelaskan oleh dokter Primawati, pada Program Pengurangan Beban Pengeluaran Masyarakat; didukung oleh anggaran sebesar Rp. 34,5 Miliar, yang di antaranya diperuntukkan untuk Pemberian Jaminan Kesehatan (PBI-JKN) bagi Ruta Miskin, Bantuan Seragam Sekolah bagi Siswa Miskin, Penyelenggaraan Pendidikan Non Formal/Kesetaraan.

Selanjutnya, lanjut dokter Primawato, program Tegal Eman Lansia (Temanlansi), melalui Bantuan Uang dan Bantuan Permakanan bagi Lansia Terlantar, serta Bantuan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas Terlantar, Anak Terlantar, serta Gelandangan Pengemis di Luar Panti Sosial, Bantuan Penunggu Pasien, serta Santunan Kematian.

Pj. Sekda menambahkan, pada Program Peningkatan Pendapatan Masyarakat; didukung oleh anggaran sebesar Rp. 2,67 miliar, yang diantaranya diperuntukkan untuk dukungan program bidang ketenagakerjaan seperti Job Cafe, Program Magang Kerja, serta Pelatihan Calon tenaga Kerja Berbasis Kompetensi, Kemudian terdapat beberapa kegiatan Pelatihan/ Pemberdayaan bagi Keluarga Pra Sejahtera dan Keluarga Sejahtera-1, Pembinaan dan Pendampingan bagi UMKM, Nelayan, serta Pembudidaya ikan.

Baca Juga: Peringati HUT ke 71, Humas Polres Tegal Bagikan Paket Sembako ke Ponpes, Bersama PWI Donor Darah

Sedangkan pada Program Penurunan Jumlah Kantong-Kantong Kemiskinan; didukung oleh anggaran sebesar Rp. 33,22 miliar, yang diantaranya diperuntukkan untuk Perluasan SPAM Jaringan Perpipaan di Kawasan Perkotaan, Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Air Limbah Domestik, Rehabilitas RTLH, Pembangunan dan peningkatan Sarpras Pendidikan.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BTN Gelar IPEX 2022 Bidik KPR Baru Rp1,5 Triliun

Senin, 21 November 2022 | 10:29 WIB
X