Kemendikbudristek Undang Seniman dan Pendidik di Tegal, Sosialisasikan Kaidah Perbukuan 2022

- Jumat, 4 November 2022 | 16:56 WIB
Budayawan Atmo Tan Sidik dan Wakil Ketua Komisi X DPR-RI Dr Abdul Fikih Faqih (dok)
Budayawan Atmo Tan Sidik dan Wakil Ketua Komisi X DPR-RI Dr Abdul Fikih Faqih (dok)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar Sosialisasi tentang Standar dan Kaidah Perbukuan 2022 di KHAS Tegal Hotel, Sabtu 5 November 2022.

Dalam kegiatan tersebut, Kemendikbudristek mengundang belasan seniman, pendidik, duta baca dan sanggar dari Kabupaten/Kota Tegal.

Mereka di antaranya adalah Dr Maufur, Lanang Setiawan, Dyanindra Srikumara, dan Atmo Tan Sidik.

Baca Juga: Jadwal Film Bioskop Gajahmada Cinema Tegal, Jumat 4 November 2022, Tayang Perempuan Bergaun Merah

Kepala Pusat Perbukuan Kemendikbudristek, Supriyatno mengatakan, acara tersebut digelar dalam rangka mewujudkan buku yang bermutu, diperlukan suatu standar, kaidah, kode etik pemerolehan serta penerbitan naskah buku, dan standar penilaian buku.

“Oleh karena itu upaya merealisasikannya, pusat perbukuan, badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan Kemendikbudristek sesuai dengan tugas dan fungsinta telah menyusun Peraturan Menteri Nomor 22 Tahun 2022 tentang standar mutu buku,” kata Supriyatno sesuai rilis yang diterima AyoTegal

Selain itu, lanjut Supriyatno, diperlukan pula standar preses dan kaidah pemerolehan naskah, serta standar proses dan kaidah penerbitan buku pun Peraturan Menteri Nomor 25 Tahun 2022 tentang penilaian buku pendidikan.

“Untuk mendukung pelaksanaan kedua Peraturan Menteri itu, ditetapkan juga aturan turunan, yaitu Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asemen Pendidikan Nomer 030/P/2022 tentang Pedoman Perjenjangan Buku dan Peraturan Penilaian Buku Pendidikan.”

Baca Juga: Dedy Yon Ingatkan OPD Pemkot Tegal Kebut Pekerjaan, Jangan Sampai Terbengkalai

Menurutnya, regulasi perbukuan dimaksud telah resmi diundangkan. Oleh karenanya perlu dilakukan kegiatan sosialisasi untuk menyebarluaskan norma-norma pada regulasi tersebut.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BTN Gelar IPEX 2022 Bidik KPR Baru Rp1,5 Triliun

Senin, 21 November 2022 | 10:29 WIB
X