Pertegas Batas Kota Tegal dan Kabupaten Tegal dalam Satu Peta, Dedy Yon dan Umi Azizah Teken Kesepakatan

- Kamis, 17 November 2022 | 21:16 WIB
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dan Bupati Tegal Umi Azizah melakukan Penandatanganan Kesepakatan Penegasan Batas Daerah Kota Tegal dengan Kabupaten Tegal (dok)
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dan Bupati Tegal Umi Azizah melakukan Penandatanganan Kesepakatan Penegasan Batas Daerah Kota Tegal dengan Kabupaten Tegal (dok)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM - Dua kepala daerah bertetangga, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dan Bupati Tegal Umi Azizah melakukan Penandatanganan Kesepakatan Penegasan Batas Daerah Kota Tegal dengan Kabupaten Tegal Tahun 2022 di Pringgitan, Komplek Balai Kota Tegal, Kamis 17 November 2022.

Penandatanganan tersebut bertujuan mencegah terjadinya potensi konflik di tengah masyarakat maupun pelayanan administrasi masyarakat.

Selain itu juga mendasari Perpres No 23 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Perpres No 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta pada Tingkat Ketelitian Peta Skala 1:50.000.

Baca Juga: Apresiasi KIP Award Kabupaten Tegal, Sosiawan: Jadi Contoh untuk Good Governance di Jawa Tengah

Pemerintah Kota Tegal melaksanakan kegiatan penegasan batas daerah Kota Tegal dengan Kabupaten Tegal.

Menurut Dedy Yon, penegasan batas wilayah Kota Tegal dan Kabupaten Tegal diawali dengan survei lapangan.

''Melalui hasil survei lapangan tersebut, Pemerintah Kota Tegal melakukan konsultasi dan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri. Hasil konsultasi dan koordinasi tersebut, maka perlu dilakukan pengkajian dan revisi ulang Permendagri No. 7 Tahun 2010,''katanya.

Dedy Yon menegaskan, hal tersebut dilakukan sesuai dengan Peraturan Permendagri No. 141 Tahun 2017 terkait penegasan batas daerah adalah kegiatan penentuan titik–titik koordinat batas daerah yang dapat dilakukan dengan metode kartometrik dan atau survei di lapangan, yang dituangkan dalam bentuk peta batas dengan daftar titik–titik koordinat batas daerah.

Terkait dengan ada atau tidaknya penambahan luas wilayah Kota Tegal, Dedy Yon menjelaskan bahwa proses kegiatan penegasan batas daerah Kota Tegal dengan Kabupaten Tegal ini tidak mempengaruhi luas wilayah Kota Tegal dan Kabupaten Tegal serta tidak ada pihak yang dirugikan.

Baca Juga: KIP Award, 14 OPD di Kabupaten Tegal Ikuti Uji Publik

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BTN Gelar IPEX 2022 Bidik KPR Baru Rp1,5 Triliun

Senin, 21 November 2022 | 10:29 WIB

BTN Bidik Potensi KPR Subsidi 200 Ribu Mitra Gojek

Selasa, 8 November 2022 | 19:25 WIB
X