Ini Dia Jembatan Tertua di Indonesia, Dibangun Tahun 1628 oleh VOC

- Kamis, 2 September 2021 | 08:05 WIB
Jembatan Tertua di Indonesia  (Instagram kemenpupr)
Jembatan Tertua di Indonesia (Instagram kemenpupr)

TEGAL, AYOTEGAL.COM-- Indonesia memang tak bisa dilepaskan dari sejarah dan peninggalan-peninggalan zaman kolonial Belanda

Ada begitu banyak peninggalan Belanda yang saat ini masih berdiri kokoh, seperti gedung dan juga infrastruktur.

Di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat misalnya. Selain banyak gedung-gedung bersejarah, ternyata ada pula jembatan tertua di Indonesia. Jembatan itu bernama Jembatan Kota Intan.

Baca Juga: Bangunan Sejarah Kota Tegal, Ternyata Ada Kafenya Orang Eropa dan Gudang Senjata

"Bicara soal jembatan, tahukah #SahabatPUPR jembatan tertua di Indonesia? Jawabannya adalah Jembatan Kota Intan di Kawasan Kota TuaJakarta Barat," tulis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di akun Instagram resminya @kemenpupr, dikutip Rabu, 1 September 2021

Jembatan Kota Intan dibangun pada tahun 1628 oleh Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). Diketahui, jembatan ini juga sudah berganti nama beberapa kali.

"Jembatan ini telah berganti nama beberapa kali lho. Mulai dari Engelse Burg (Jembatan Inggris), Hoenderpasarburg (Jembatan Pasar Ayam), Het Middelpunt Burg (Jembatan Pusat), hingga Jembatan Ratu Juliana," tulis Kementerian PUPR.

Baca Juga: Sejarah Masjid Pangeran Purbaya, Cikal Bakal Kota Slawi dan Didirikan Semalam

Adapun setelah kemerdekaan Indonesia, jembatan ini baru bernama Jembatan Kota Intan. Pemberian nama disesuaikan dengan lokasi jembatan tersebut.

Halaman:

Editor: Lilisnawati

Sumber: Ayojakarta.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X