6 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Satu di Antaranya setelah Sholat Ashar Hari Jumat

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 22:16 WIB
Berdoa (istimewa)
Berdoa (istimewa)

AYOTEGAL.COM - Ada waktu-waktu yang mustajab bagi seorang muslim saat memanjatkan doa agar terkabul.

Adab berdoa kepada Allah SWT bisa diterapkan di waktu-waktu mustajab tersebut dan yang paling utama tidak dilakukan dalam keadaan tergesa-gesa dan khusyu'

Dengan mengutamakan di waktu yang mustajab ini serta dilakukan dengan ikhlas, maka Insya Allah akan terkabulkan segala keinginan serta dihapus dosa-dosa.

Baca Juga: Kabupaten Tegal Kembali Raih Penghargaan APE 2020 Madya, Berhasil Cegah Bullying di Sekolah

Setidaknya ada enam waktu sebagaimana dilansir Republika (Jaringan Ayotegal) yang mengutip dari buku Jangan Takut Hadapi Hidup karya Dr Aidh Abdullah Al-Qarny.

1. Setelah shalat.

Jika kamu telah selesai melakukan shalat wajib, maka itulah saatnya untuk berdoa. Berdoalah kepada Allah Ta'ala. sesuai dengan kemampuanmu, terutama pada akhir tahiyat sebelum salam.

Adapun setelah salam, lalu kamu langsung mengangkat kedua tangan untuk berdoa, hal ini tidak ada haditsnya. Rasulullah ﷺ tidak pernah melakukan hal seperti itu, tidak pula para sahabat. Akan tetapi, berdoalah sebelum salam.

2. Waktu di antara adzan dan iqamah

Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Nasa'i. Jika seorang muadzin telah mengumandangkan adzan, perbanyaklah berdoa. Dan memohonlah agar doamu diterima oleh-Nya dan Dia memberikan apa yang kamu harapkan.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X