4 Tokoh Daerah Ini Resmi Dinobatkan Jadi Pahlawan Nasional, Ada Tokoh Perfilman Umar Ismail

- Rabu, 10 November 2021 | 16:19 WIB
Kegiatan penganugerahan Pahlawan Nasional bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi, Rabu, 10 November 2021. (setkab)
Kegiatan penganugerahan Pahlawan Nasional bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi, Rabu, 10 November 2021. (setkab)

TEGAL, AYOTEGAL.COM-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menobatkan gelar pahlawan nasional untuk empat tokoh di bawah ini, Rabu 10 November 2021.

Dari keempat tokoh tersebut, satu di antaranya Umar Ismail seorang tokoh perfilman dari DKI Jakarta.

Pemberian gelar pahlawan nasional tersebut berdasarkan Keputusan Presiden nomor 109/ TK/TH/2021 tanggal 25 Oktober 2021 Tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Baca Juga: Deretan Pahlawan Nasional yang Lahir di Bulan November, Begini Jasa dan Kisah Hidupnya

Selain Usmar Ismail, Jokowi juga menobatkan gelar pahlawan nasional kepada almarhum Tombolotutu, tokoh dari Provinsi Sulawesi Tengah; almarhum Sultan Aji Muhammad Idris, tokoh dari Provinsi Kalimantan Timur; dan Almarhum Raden Aria Wangsakara, Tokoh dari Provinsi Banten.

Usmar Ismail merupakan salah satu tokoh penting bagi perfilman Indonesia.

Mengutip dari suara.com, Usmar Ismail memulai debutnya di panggung teater dan belakangan memang lebih banyak di dunia perfilman.

Baca Juga: Intip Fakta Menarik Bambu Runcing, Senjata Mematikan yang Ditakuti Penjajah

Usmar Ismail lahir di Bukit Tinggi 20 Maret 1921. Ayahnya adalah Datuk Tumenggung Ismail, guru Sekolah Kedokteran di Padang, dan ibunya, Siti Fatimah.

Halaman:

Editor: Lilisnawati

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Di Tengah Isu Akuisisi, Laba BTN Syariah Menggila

Minggu, 18 September 2022 | 16:16 WIB

Bank BTN Hadir di RSPAD

Sabtu, 17 September 2022 | 16:00 WIB
X