Ribuan Warga Berebut Lopis Raksasa di Puncak Syawalan Kota Pekalongan

- Senin, 9 Mei 2022 | 16:41 WIB
Ribuan warga berebut Lopis raksasa saat perayaan tradisi Sawalan di Kota Pekalongan. (Muslihun/AyoBatang)
Ribuan warga berebut Lopis raksasa saat perayaan tradisi Sawalan di Kota Pekalongan. (Muslihun/AyoBatang)

PEKALONGAN, AYOTEGAL.COM - Tradisi Syawalan Festival Lopis Raksasa di Kota Pekalongan menyedot perhatian ribuan warga Mereka berebut lopis raksasa di Kelurahan Krapyak, Senin 9 Mei 2022. 

Tradisi yang sempat dua tahun tertunda karena pandemi Covid-19 tersebut, Festival Lopis Raksasa menjadi magnet warga yang dipercaya untuk mencari atau ngalap berkah. 

Bahkan, untuk menetibkan pengunjung, panitia menyiapkan tempat secara khusus saat prosesi pemotongan dan pembagian lopis raksasa, yakni di pelataran Kampung Batik Krapyak yang telah disediakan oleh Pemerintah Kota Pekalongan.

Baca Juga: Berkah Mudik Lebaran 2022, Penjualan Telur Asin Brebes Laris Manis  

Sebelumnya, pembuatan lopis raksasa dilaksanakan di Mushola Darun Na'im, Krapyak yang lokasi tidak jauh dengan Kampung Batik Krapyak. 

Panitia menyiapkan dua lopis raksasa, yakni di Kelurahan Krapyak Gang 1 dengan berat 2.300 kilogram dengan tinggi 160 cm dan diameter 320 cm.

Sementara, di Kelurahan Krapyak Gang 8 lopis berukuran jumbo dengan berat 1.820 kilogram, tinggi 222 cm dan diameter 250 cm. 

Baca Juga: POTRET Semarak Festival Balon Udara di Kota Pekalongan, Tampilkan Beragam Motif

“Alhamdulillah tradisi Syawalan Festival Lopis Raksasa di Kelurahan Krapyak yang berjalan lancar. Mudah-mudahan kita semua bisa memelihara tradisi asli dari Kota Pekalonganini,” kata Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid saat membuka Festival Lopis Raksasa

Menurut Afzan Arslan, Festival Lopis Raksasa ini sebagai wujud melestarikan tradisi dan budaya turun temurun untuk mempererat tali silahturahmi antar masyarakat Krapyak dan dengan masyarakat daerah sekitarnya. 

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X